6 Juli 2012,
 0

Without a strategy the organization is like a ship without a rudder

Pernyataan di atas saya kutip dari Joel Ross dan Michael Kami. Strategi sebuah perusahaan terdiri dari tindakan-tindakan bersaing dan pendekatan-pendekatan bisnis yang digunakan oleh perusahaan untuk menarik dan memuaskan konsumen, bersaing secara sukses, dan lain-lain. Banyak tahap-tahap yang dilakukan dalam membuat strategi dalam sebuah perusahaan, diantaranya adalah menentukan visi dan misi perusahaan. Di bawah ini sedikit penjelasan mengenai visi dan misi perusahaan:

  1. Visi adalah sebuah sebuah peta jalan atau rute yang perusahaan ingin tempuh dalam rangka mengembangkan dan memperkuat bisnisnya. Visi perusahaan harus berkaitan dengan nilai-nilai perusahaan. Visi perusahaan harus disampaikan agar tiap anggota organisasi dapat berkomitmen dalam bertindak untuk mencapai visi.
  2. Misi merupakan sebuah pernyataan, bukan target yang terukur melainkan sikap, pandangan, dan orientasi. Misi merupakan tujuan unik yang menjadi dasar penetapan strategi dan pengambilan keputusan untuk dapat menjawab beberapa pertanyaan-pertanyaan, contohnya seperti:
    • Apa sih bisnis yang kita jalankan?
    • Mengapa perusahaan ada dalam bisnis ini?
    • Siapa pelanggan kita?
    • Di mana perusahaan akan bersaing?
    • Bagaimana tanggung jawab perusahaan terhadap seluruh pemangku kepentingan (stakeholders)?
    • Dan lain sebagainya.

Visi dan misi perusahaan sangat diperlukan bagi perusahaan sebagai salah satu wujud tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance).

Tinggalkan Balasan