27 November 2012,
 0

Vertigo adalah gangguan keseimbangan yang ketika kambuh sangat mengganggu aktivitas. Pada saat kambuh, penderita vertigo akan mengalami kesulitan berdiri dan menggerakan kepala dikarenakan rasa pusing yang luar biasa. Hal ini menimbulkan efek area di sekitarnya serasa berputar, bahkan kerap kali disertai rasa mual dan muntah. Beberapa faktor yang menyebabkan vertigo antara lain adalah serangan migren, radang pada leher, mabuk kendaraan, infeksi bakteri pada alat pendengaran, dan kekurangan asupan oksigen ke otak.

Kata vertigo berasal dari bahasa Yunani vertere yang artinya memutar (2). Pengertian vertigo adalah sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya, dapat disertai gejala lain, terutama dari jaringan otonomik akibat gangguan alat keseimbangan tubuh. Vertigo (sering juga disebut pusing berputar atau pusing tujuh keliling) adalah kondisi sewaktu seseorang merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar, walaupun badan orang tersebut sedang tidak bergerak.

Aktivitas peregangan yang dapat dilakukan untuk meminimalkan vertigo adalah gerakan kepala menunduk lalu mendongak, lalu gerakan patahan kepala ke kiri dan ke kanan. Hal tersebut melatih keseimbangan kepala.

Rujukan:

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Vertigo
  2. http://health.kompas.com/read/2011/10/26/15420386/Mengenal.Penyebab.Vertigo

Tinggalkan Balasan