9 Juli 2012,
 0

Tujuan strategis perusahaan merupakan perubahan yang diharpakan dari suatu kondisi, baik kesejahteraan ataupun perilaku sebagai dampak dari dilaksanakannya program atau aktivitas. Tujuan strategis perlu secara spesifik menetapkan “apa” yang akan perusahaan lakukan dan “mengapa” perusahaan melakukannya.

COSO ERM Integrated Framework mendefinisikan tujuan strategis sebagai high-level goals, aligned with and supporting the entity’s mission/vision. Strategic objectives reflect management’s choice as to how the entity will seek to create value for its stakeholders.

Dalam setiap penetapan tujuan strategis pasti terdapat risiko yaitu hal-hal yang berpotensi menggagalkan pencapaian tujuan strategis tersebut. Perusahaan menetapkan strategi untuk mencapai tujuan strategis yang ditetapkan pada unit bisnis, divisi, dan proses bisnis.

Risiko strategis dapat didefinisikan sebagai risiko yang diakibatkan penetapan strategi serta implementasi dari strategi tersebut yang keliru atau kurang memadai karena tidak sesuai dengan lingkungan internal dan eksternal perusahaan.

Dalam COSO ERM, salah satu tujuan perusahaan yang ingin dicapai adalah tujuan strategis. Hal tersebut erat kaitannya dengan risiko strategis.

Pengelolaan risiko strategis merupakan proses untuk mengidentifikasi, menilai dan, mengelola risiko serta ketidakpastian yang dipengaruhi oleh peristiwa internal dan eksternal, yang dapat menghambat kemampuan organisasi untuk mencapai strategi dan tujuan strategis dengan tujuan akhir dalam rangka menciptakan dan melindungi nilai pemegang saham.

Rujukan

Tinggalkan Balasan