9 Oktober 2012,
 0

Sumber gambar: Acara-Event

I hate Monday. Kalaupun harus membenci hari Senin, harusnya kita bertanya-tanya, kenapa? Bukankah hari Senin juga sama dengan hari-hari lainnya? Dalam sehari pun masih tetap 24 jam, tidak lebih sedetik pun ataupun kurang dari sepersekian detik. Tapi, tetap saja anggapan bahwa hari Senin itu hari paling malas sedunia sepertinya harus dihilangkan dari otak kita agar kita mengawali pekan kita dengan semangat.

Bila aktivitas dalam bentuk karya dilakukan dengan penuh semangat, hasilnya akan luar biasa. Mungkin yang membedakan hari Senin dengan hari lainnya ialah bahwa hari Senin kita diisi dengan penuh kegiatan atau pekerjaan seminggu yang akan datang dan masih dibebani dengan pekerjaan minggu lalu yang belum rampung. Kalau begini, salah siapa? Jadi, sekarang mulailah untuk mengelola semangat kita agar lebih segar dan agar produktivitas kita dalam bekerja lancar. Dengan begitu, hari Senin pun dapat menjadi hari yang menyenangkan. Berikut yang perlu disimak untuk membuat hari-hari kerja kita penuh semangat.

Dengan perasaan yang positif, kita akan lebih antusias, yang secara otomatis akan meletupkan harapan serta semangat dalam bekerja. Kerja kita akan lebih gigih dan tidak mudah menyerah jika kita berperasaan positif. Emosi positif akan mengobarkan motivasi semangat kerja yang positif juga. Fokuskan diri agar mengejar hal-hal yang terpenting dahulu. Jangan sampai telanjur sibuk, tapi ternyata sibuk mengerjakan hal-hal yang bukan tugas utama kita. Paksakan diri untuk berdisiplin karena kedisiplinan akan membawa semangat motivasi kerja dan menciptakan budaya kerja yang produktif.

Berikut beberapa tips agar bersemangat kerja:

  • Bangun lebih awal: Jangan sekali-kali bangun kesiangan bila sudah waktunya bekerja. Bangun siang hanya bisa kita lakukan pada hari libur saja. Makanya, saat libur atau cuti, gunakanlah waktu sebaik-baiknya untuk menyenangkan diri sendiri dan beristirahat. Jangan gunakan hari libur kita untuk hal-hal yang bersifat menguras tenaga dan pikiran
  • Olahraga pagi: Jangan menyepelekan rutinitas yang satu ini. Tahukah Anda bahwa olahraga selain untuk menjaga kebugaran juga berguna untuk menghidupkan semangat yang mungkin padam setelah asyik dibuai dengan sajian libur apalagi libur panjang? Lakukan olahraga ringan seperti jogging atau sekadar lari keliling rumah.
  • Mandi lama dan merias diri maksimal: Setelah berolahraga, biasanya yang kita lakukan ialah bermalas-malasan. Jika ingin bermalas-malasan, lakukan ini di dalam kamar mandi. Untuk cowok pun tidak ada salahnya sekali-kali berlama-lama memanjakan diri di dalam kamar mandi. Jika perlu, gunakan wewangian sabun yang mengandung aromaterapi. Jangan sampai lupa juga, bila sudah bersih, berdandanlah setelahnya.
  • Sarapan bergizi: Tidak ada tubuh yang sehat hanya dengan berolahraga. Awali hari ini dengan sarapan yang bergizi. Konsumsi secangkir kopi dan makanan yang mengandung buah dan sayur. Cukupi gizi tubuh kita agar badan semakin sehat dan segar.
  • Melangkah dengan senyum dan jangan lupa berdoa: Senjata penting yang paling ampuh untuk menghadapi segala tantangan adalah hadapi semua dengan senyuman. Berdoa juga menjadi hal yang wajib dilaksanakan. Pastikan senyum di setiap langkah kita. Kita harus siap dalam kondisi apa pun.

Rujukan: http://www.g-excess.com/3955/tips-semangat-kerja-di-pagi-hari/

Tinggalkan Balasan