9 Oktober 2012,
 0

Sumber gambar: Money Gizmo

Setelah kita melewati musim panas yang berkepanjangan, tentu saat ini kita merasa lega karena saat ini kita sudah memasuki musim penghujan. Namun, kita perlu hati-hati ketika memasuki musim ini karena banyaknya penyakit yang sedang melanda, seperti diare, keracunan makanan, flu, batuk, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, perlu menjadi perhatian bersama untuk menjaga kesehatan selama musim hujan ini.

Berikut akan dibahas tips saat memasuki musim hujan:

  1. Jaga cairan tubuh. Mungkin bagi kita yang tidak suka minum air sangat anti dengan hal ini. Saat musim hujan, keringat kita tidak menguap dengan cepat karena tingkat kelembaban yang tinggi. Dengan banyak minum air putih, tubuh dapat mengeluarkan panas melalui air seni. Namun, hindari minuman berkarbonasi karena kandungan yang ada di dalamnya dapat menghambat enzim berfungsi dengan efisien dan menyebabkan gangguan pencernaan.
  2. Konsumsi makanan secara seimbang. Saat musim dingin, proses pencernaan menjadi lebih lambat, maka makanlah makanan seperlunya dan ketika lapar. Yang terpenting, makanlah makanan yang seimbang serta kaya akan vitamin dan antioksidan. Jika kita makan pada saat tidak merasa lapar, hal tersebut dapat menyebabakan gangguan pencernaan bahkan terkadang penyakit kuning. Makanlah makanan seperti labu atau rempah-rempah seperti kunyit yang memiliki antioksidan dan kandungan yang bisa membantu mencegah terkena infeksi. Tambahkan buah-buahan seperti apel, pisang, dan pir, serta sayuran seperti wortel dan lobak sebagai bagian dari makanan seimbang Anda. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kita juga dapat mengonsumsi rempah-rempah seperti lada, kunyit, dan ketumbar.
  3. Konsumsi makanan yang segar dan bersih. Sebelum makan buah-buahan dan sayuran, pastikan semua dalam keadaan segar dan bersih. Cucilah sayuran yang berdaun dan buah-buahan karena biasanya pada sayuran berdaun terdapat banyak bakteri dan kuman. Namun, bila ingin makan makanan yang mentah, kukus sayuran untuk membunuh kuman yang ada. Perhatikan juga waktu pengukusan karena, bila terlalu lama, tidak hanya kuman yang hilang, tapi vitamin yang terkandung dalam sayuran tersebut juga bisa hilang. Mengonsumsi makanan yang baru dimasak sangatlah direkomendasikan.
  4. Menjauhlah dari sumber penyakit. Salah satu sumber penyakit tentu berada di sekeliling kita, terutama air. Air yang tenang adalah tempat berkumpulnya nyamuk dan dapat berakibat pada penyakit. Buanglah air yang menggenang seperti yang ada pada pot bunga karena nyamuk berada pada tempat-tempat seperti itu. Cara lain untuk menghindari nyamuk telah dipaparkan oleh Ricky Theda beberapa waktu lalu.
  5. Berolahragalah dan beristirahatlah dengan cukup saat musim hujan. Bila kita tidak memiliki waktu untuk berolahraga rutin, lakukan beberapa olahraga singkat, seperti sit-up atau lari-lari kecil untuk meregangkan otot-otot tubuh. Jika sedang tidak berminat melakukan olahraga, kita bisa menggantinya dengan aktivitas lain seperti merapikan perabot di rumah. Namun, hindari kegiatan fisik yang berlebihan.
  6. Rawat mata saat musim hujan. Masalah yang sering terjadi saat musim hujan salah satunya adalah penyakit mata seperti mata kering, ulkus kornea, mata bintitan, dan mata merah. Untuk menghindari terkena penyakit tersebut, cuci tangan Anda setelah menyentuh benda-benda yang kotor dan berdebu. Bila ada kontak fisik, seperti berjabat tangan dengan rekanan yang sedang terkena infeksi mata, segera cuci tangan Anda dengan air bersih supaya tidak tertular.

Semoga kiat-kiat di atas dapat membantu kita menghindarkan kita dari berbagai penyakit saat memasuki musim hujan.

Tinggalkan Balasan