23 Juli 2012,
 0

Sumber gambar: Wikipedia

Metode siklus Deming atau yang lebih dikenal dengan PDCA (Plan-Do-Check-Act) dikenal pada tahun 1986. Pendekatan yang dipakai dalam metode ini adalah pendekatan berulang (siklus) dengan tujuan agar terjadi pembelajaran dan pengembangan yang kontinu atas suatu proses tertentu.

Empat tahapan dalam menerapkan metode ini, yaitu:

  1. Perencanaan (Plan). Buatlah rencana implementasi lengkap dengan orang yang harus bertanggung jawab terhadap suatu proses/aktivitas tertentu. Untuk dapat melakukan perencanaan yang baik, sebaiknya:
    • Lakukan analisis situasi saat ini dan dampak potensial yang mungkin terjadi pada saat rencana diimplementasikan;
    • Prediksikan variasi hasil yang diharapkan, bisa secara teori ataupun intuitif.
  2. Penerapan (Do).  Pada saat rencana diterapkan, kita harus membuat kontrol untuk mengetahui sejauh mana pengembangan ataupun kegagalan dari rencana.
  3. Pemeriksaan (Check). Setelah suatu rencana diterapkan, kita harus memeriksa hasil akhir dari rencana tersebut apakah telah sesuai dengan prediksi yang dibuat. Bilamana tidak, harus dicari alasan deviasi tersebut.
  4. Penindaklanjutan (Act). Tahap akhir dari metode ini adalah memformulasikan proses yang telah dianggap berhasil menjadi sebuah standar yang akan terus dapat dikembangkan sesuai dengan pengalaman.

Sumber: Walton, M. and Deming, W.E. (1986). The Deming Management Method. New York: Dodd.

Tinggalkan Balasan