18 Oktober 2012,
 0

Sumber gambar: QueryTracker

Apakah kita pernah mengalami kesulitan berbicara dengan orang? Bagaimana saya bisa mempunyai keterampilan berbicara dengan orang? Apakah ketrampilan berbicara hanya milik sebagian orang atau hal tersebut bisa kita pelajari?

Ternyata, keterampilan berbicara bisa dimiliki bila kita dapat memahami orang dan kodrat manusia secara tepat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Lelie T. Giblin, kodrat manusia cenderung mementingkan dan tertarik pada diri mereka sendiri, bukan pada orang lain. Oleh karena itu, bilamana kita terlalu sibuk memikirkan dan membicarakan diri kita sendiri atau sibuk mencoba mengesankan diri kita di mata orang lain, secara alami pendengar kita tidak menyukai hal tersebut.

Hal utama yang bisa kita lakukan bila kita ingin terampil berbicara dengan orang adalah berusahalah berbicara tentang mereka dan pancinglah mereka untuk berbicara tentang diri mereka sendiri. Memang membutuhkan kesadaran diri untuk tidak membicarakan tentang diri kita sendiri, tetapi imbalannya akan sebanding. Tips untuk melatih keterampilan kita berbicara dengan orang adalah dengan menggunakan tiga kata “saya, aku, milikku” secara bijak bila sedang berbicara dengan orang lain. Cobalah mengganti ketiga kata tersebut dengan satu kata, yaitu Anda, atau beberapa padanan kata Anda lain yang bisa disesuaikan dengan konteks, seperti kamu, Ibu, Bapak, kalian, atau teman-teman. Dengan cara itu, kita bisa menjadi seorang pembicara yang menarik. Selamat mencoba!

Rujukan: Giblin, L.T. (1995). Skill with people

Tinggalkan Balasan