20 November 2012,
 0

Dari banyak teknik audit investigasi yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, saya secara khusus akan menerangkan salah satu tekniknya, yaitu review analitikal.

Terdapat beberapa teknik dalam review analitikal. Enam di antaranya akan dijelaskan di bawah ini.

1. Betriebs Vergleich dan Zeit Vergleich

Betriebs Vergleich adalah membandingkan perusahaan (betriebs) yang diaudit dengan pesaingan yang seukuran. Jika perusahaan saingan banyak, maka bisa diperoleh nilai rata-rata industri yang andal.

Zeit Vergleich adalah membandingkan perusahaan yang diaudit pada masa (zeit) sekarang dengan masa lalu dan mengapa berbeda.

2. Membandingkan anggaran dengan realiasasi

Mekanisme pelaksanaan anggaran, evaluasi pelaksanaan anggaran, dan insentif (keuangan maupun non-keuangan) yang terkandung dalam sistem anggaran.

3. Analisis vertikal dan horizontal (Analisis Rasio Laporan Keuangan )

Analisis Vertikal: Menunjukkan rasio antara suatu akun dengan akun lainnya dalam laporan keuangan untuk tahun yang sama.

Analisa Horizontal: menunjukkan perubahan suatu akun pada suatu periode dibandingkan periode sebelumnya atau berikutnya.

4. Hubungan antara satu data keuangan dengan data keuangan yang lain

Contoh: angka penjualan dengan piutang dan persediaan rata-rata, angka penjualan dengan bonus bagian penjualan, penghasilan bunga dengan saldo rata-rata tabungan.

5. Menggunakan data non-keuangan

Kenali pola hubungan antar data non keuangan.

6. Analisis regresi atau analisis tren

Merupakan suatu metode analisis statistika yang menentukan tren suatu kejadian di masa depan dan dapat melihat hubungan sebab akibat.

7. Menggunakan indikator ekonomi makro

Dalam hal indikator makro, ada tiga hal utama yang menjadi pokoknya, yaitu pertumbungan ekonomi, inflasi, dan pengangguran.

Contoh: hubungan antara besarnya pajak penghasilan yang diperoleh dalam suatu tahun dengan inflasi, tingkat pengangguran, cadangan devisa, indikator ekonomi negara-negara partner perdagangan indonesia, harga minyak mentah dan komoditi lain.

Tinggalkan Balasan