27 Juli 2012,
 0

Pada pembahasan ini akan dibahas tahap pertama dalam proses administrasi. Ada 6 kata kunci dalam pembuatan Surat Penawaran, yaitu:

  1. Nomor surat,
  2. Perusahaan klien,
  3. Kontak klien,
  4. Nama pekerjaan,
  5. Nominal pekerjaan,
  6. Penjelasan detail pekerjaan.

Berikut akan dibahas 3 kata kunci dalam pembuatan surat penawaran.

Pada poin satu, yaitu nomor surat, perlu diperhatikan dengan saksama agar tidak terjadi kekeliruan dalam penulisan nomor, kode klien, dan bulan yang dicantumkan. Kita dapat melihat sudah berada di urutan nomor ke berapa surat penawaran yang kita buat pada http://ioffice.apb-group.com/ dengan memilih menu ‘dokumen keluar’.

Pada poin dua, yaitu perusahaan klien, perlu diperhatikan penulisan nama perusahaan dan alamat dari klien yang dituju. Kekeliruan yang biasa terjadi biasanya terletak pada kelengkapan nama perusahaan, seperti pada contoh berikut: ‘PT PP (Persero), Tbk.’, sekilas dilihat nama tersebut benar, namun di dalam surat harus dituliskan dengan lengkap namanya, yaitu ‘PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.’. Hal tersebut perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan persepsi yang tidak baik dari klien.

Poin ketiga, yaitu kontak klien. Yang harus diperhatikan pada poin ini adalah kepada siapa surat ditujukan. Bila ditujukan kepada jajaran Direksi, akan lebih baik bilamana surat tersebut juga ditandatangani oleh level yang sama.

Tiga kata kunci selanjutnya akan dipaparkan pada pembahasan berikutnya.

Tinggalkan Balasan