27 Juli 2012,
 0

Sumber gambar: Buzzle

Setelah kemarin dibahas mengenai 3 kata kunci pertama dalam tahap penulisan surat penawaran, berikut akan dibahas 3 kata kunci berikutnya, yaitu:

  1. Nama pekerjaan,
  2. Nominal pekerjaan, dan
  3. Penjelasan detil pekerjaan.

Poin keempat yang perlu diperhatikan dalam pembuatan surat penawaran adalah nama pekerjaan. Nama pekerjaan perlu dicantumkan supaya menjadi perihal dari surat penawaran dan juga dapat dijadikan informasi untuk klien.

Poin kelima yang perlu diingat adalah nominal/biaya pekerjaan. Telitilah dalam menuliskan biaya pekerjaan yang akan dituliskan agar jangan sampai nominal yang dituliskan tidak sesuai dengan kesepatan bersama dengan klien yang bersangkutan. Yang perlu diingat juga adalah pajak-pajak dari biaya pekerjaan tersebut. Melalui diskusi dengan klien, perlu diambil keputusan apakah biaya pekerjaan sudah termasuk pajak-pajak atau belum termasuk pajak-pajak. Sebagai informasi, pajak-pajak yang biasanya ada untuk proyek adalah PPh sebesar 2% dan PPN sebesar 10% dari jumlah biaya pekerjaan yang telah disepakati.

Poin yang terakhir adalah penjelasan detil pekerjaan. Penjelasan ini diperlukan untuk menginformasikan kepada pihak klien pekerjaan apa saja yang akan dilaksanakan selama proyek berlangsung. Biasanya penjelasan yang dituliskan berupa durasi pelaksanaan dan ruang lingkup pekerjaan.

Tinggalkan Balasan