31 Juli 2012,
 1

Sumber gambar: Go Global Africa

Melanjutkan pembahasan mengenai strategi mitigasi risiko yang lalu, kali ini saya akan membahas tiap jenis strategi tersebut.

Standar manajemen risiko COSO Integrated Framework 2004 maupun ISO 31000:2009 menyebutkan 4 strategi mitigasi risiko, yaitu:

  1. Hindari (avoid), yaitu menghindari aktivitas yang mengandung risiko. Opsi ini diberlakukan apabila dampak risiko lebih besar dari dampak tercapainya tujuan organisasi, opportunity loss, dan biaya untuk menghindari risiko.
  2. Kurangi (reduce), yaitu tindakan yang diambil untuk mengurangi baik kemungkinan maupun dampaknya, ataupun keduanya. Opsi ini dilakukan dengan membuat analisis biaya manfaat terlebih dahulu.
  3. Berbagi (share), yaitu melakukan transfer risiko dengan pihak ketiga. Opsi ini berlaku apabila kemampuan pemilik risiko dalam mengelola risiko lebih kecil daripada kemampuan pihak ketiga yang akan dibagi risikonya. Selain itu, biaya untuk membagi risiko lebih kecil daripada dampak risiko yang akan diterima.Contoh dari berbagi risiko adalah asuransi, hedging, atau outsourcing.
  4. Terima (accept), yaitu menerima risiko dengan tidak melakukan tindakan apa pun untuk memengaruhi dampak dan kemungkinan risiko. Opsi ini berlaku apabila kapasitas untuk menerima risiko lebih besar daripada dampak risiko yang diterima.

Dalam menyusun rencana mitigasi risiko, hendaknya pemilik risiko memperhitungkan biaya dan manfaat dari rencana tersebut.

One response on “Strategi mitigasi risiko (2)

  1. rey mengatakan:

    thank infonya bu

Tinggalkan Balasan