27 Juli 2012,
 1

Sumber gambar: Rational Survey

Strategi market grid yang diciptakan oleh Henry Albert Ansoff dapat digambarkan pada framework Product-Market Matrix. Matriks ini membantu  pengambil keputusan dalam perusahaan dalam pengembangan bisnis, dengan mempertimbangkan pengembangan bisnis melalui penciptaan produk baru atau pengembangan produk lama yang diperjualbelikan pada pasar lama atau baru. Terdapat empat kombinasi dalam matrix, yaitu:

  1. Penetrasi Pasar. Produk yang sudah lama diproduksi oleh perusahaan, sudah memiliki pasar tersendiri, dan sedang dikembangkan untuk menguatkan posisinya. Contoh: Sikat Gigi Formula yang diproduksi oleh PT Orang Tua Group menguatkan gambaran (image) Sikat Gigi Formula sebagai produk yang peduli kesehatan mulut selama 10 tahun lebih dengan membuat iklan “Formula Oral Care”.
  2. Pengembangan Produk. Produk baru yang diciptakan oleh perusahaan, tetapi dipasarkan pada suatu pasar yang sudah ada. Contoh: Coca cola Company menciptakan produk Pulpy Orange yang dipasarkan pada market minuman berasa manis.
  3. Pengembangan Pasar. Produk lama perusahaan dan masih dikembangkan pada pasar yang sama. Contoh: Coca cola Company yang menciptakan produk Coca cola Zero dan tetap dipasarkan pada market minuman berkarbonasi.
  4. Diversifikasi. Produk baru yang diciptakan oleh perusahaan, belum pernah di kembangkan sebelumnya oleh perusahaan lainnya, dan dipasarkan pada pasar yang baru. Contoh: Apple Corp menciptakan iPad.

One response on “Strategi Ansoff’s Product (Market Grid)

  1. Teguh mengatakan:

    Setahu saya yg menciptakan teori Ansoff Matrix itu adalah IGOR ANSOFF orang Amerika keturunan Rusia. Mohon di check kembali source anda.

Tinggalkan Balasan