30 Oktober 2012,
 0

Sumber gambar: IIA

Sertifikasi profesional merupakan suatu pengakuan yang diberikan suatu organisasi terhadap seseorang yang telah menunjukan pelaksanaan pekerjaan sesuai standar profesi yang telah ditetapkan organisasi. Biasanya sertifikasi yang telah diberikan harus diperbarui melalui suatu pendidikan berkelanjutan.

Untuk seorang auditor internal, terdapat beberapa sertifikasi yang dapat diperoleh sebagai tanda profesional dalam pekerjaannya, yaitu:

1. Certified Internal Audit (CIA)

CIA memang masih menjadi pengakuan yang paling terkenal di bidang audit internal. Di Indonesia, gelar CIA ini sama dengan Qualified Internal Audit (QIA) yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA), Professional Internal Auditor (PIA) yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Akuntansi STAN, dll. CIA diterbitkan The Institute of Internal Auditor (IIA) yang berpusat di Florida, USA. IIA merupakan organisasi profesional yang anggotanya terdiri dari orang-orang profesional audit internal di seluruh dunia. Untuk memperoleh gelar tersebut, seseorang dapat melakukan ujian pada 4 tahap secara online dan menggunakan Bahasa Inggris serta Bahasa Indonesia (khusus ujian yang diadakan di Indonesia). Di Indonesia terdapat 3 lembaga penyedia persiapan dan ujian CIA, yaitu Pusat Pengembangan Akuntansi UI (PPA UI), YPIA, dan Binus Business School.

2. Certified Control Self Assessment (CCSA)

CCSA diterbitkan pula oleh IIA. CCSA merupakan pemahaman terhadap dasar-dasar penilaian pengendalian secara pribadi terkait seperti risiko, kontrol, dan tujuan bisnis.

3. Certified Government Audit Professional (CGAP)

CGAP diterbitkan pula oleh IIA. CGAP dirancang khusus untuk auditor yang bekerja di sektor publik pemerintah.

4. Certified Information System Auditor (CISA)

CISA diterbitkan oleh Information System and Control Association (ISACA) yang berdiri pada tahun 1967. Di Indonesia, persiapan ujian CISA dapat dilakukan di Pusilkom UI atau in-house training dari pihak ISACA Indonesia dan ujian dapat dilakukan di 2 kota, yaitu Jakarta dan Surabaya. Selain CISA, terdapat sertifikasi lain yang diterbitkan oleh ISACA, yaitu: Certified Information Security Manager (CISM), Certified in the Governance of Enterprise IT (CGEIT), dan Certified in Risk and Information Systems Control (CRISC).

5. Certified Fraud Examiners (CFE)

CFE diterbitkan oleh Association of Certified Fraud Examiners (ACFE). Di Indonesia sendiri sudah ada ACFE Indonesia yang berdiri sejak 2002, tetapi ujian CFE sendiri tetap dilakukan oleh ACFE Head Quarter secara online.

Tinggalkan Balasan