4 Juli 2012,
 0

Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang kita kenal sejak zaman kita di bangku Sekolah Dasar (SD). Pelaksanaan dari olahraga senam ini tentunya membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Tujuan utama dari olahraga senam yaitu untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Ada beberapa macam tipe senam, yaitu:

  • Senam lantai
  •  Senam hamil
  •  Senam aerobik
  •  Senam pramuka
  • Senam kesegaran jasmani

Yang akan dibahas pada kesempatan ini yaitu Senam Kesegaran Jasmani (SKJ). Olahraga SKJ ini diperkenalkan di Indonesia pada Mentri Pemuda dan Olahraga yaitu Abdul Gafur. Beliau mensosialisasikan olahraga Senam Kesegaran Jasmani di Indonesia pada awal tahun 1984 berdasarkan Surat Perintah Menpora yang diajarkan ke seluruh masyarakat.

Olahraga Senam Kesegaran Jasmani ini tentunya sering kita jumpai dari tingkat sekolah dasar sampai dengan kantor-kantor. Olahraga ini tentunya identik dengan musik senam SKJ yang mengiringi selama senam berlangsung. Nortier Simanungkalit, merupakan komponis Indonesia yang menciptakan musik senam SKJ pada tahun 1984 silam. Bukan hanya musik senam SKJ yang diciptakannya, beliau juga membuat musik untuk Himne SEA Games X, Mars Pemilu, dan lain sebagainya. Setelah SKJ di tahun 1984 ini sukses digalangkan di seluruh masyarakat Indonesia, lalu diperkenalkan juga versi baru SKJ yaitu pada pada tahun 1988, yang dikenal dengan nama SKJ 88.

Rujukan:

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Senam_artistik
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Senam
  3. http://sejarahbangsaindonesia.blogdetik.com/2012/03/24/senam-kesegaran-jasmani/
  4. http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_Menteri_Pemuda_dan_Olahraga_Indonesia

Tinggalkan Balasan