20 September 2012,
 0

Sumber gambar: Reference for Business

Secara sistematik, kata seleksi berasal dari bahasa Inggris selection, dari kata selec yang berarti memilih atau menyaring, dan selanjutnya menjadi selection, artinya pemilihanatau penyaringan. Dalam konteks perekrutan, seleksi dapat didefinisikan sebagai proses untuk memilih pelamar yang memenuhi persyaratan melalui pengujian dalam jumlah dan kualitas yang diperlukan untuk diangkat menjadi pegawai.

Dalam seleksi administratif, dicek persyaratan dalam surat lamaran dan dokumentasi yang dilampirkan sesuai dengan pengumuman/iklan pada waktu rekrutmen. Pelamar yang memenuhi syarat dipanggil dan diminta untuk mengisi formulir lamaran. Formulir lamaran mempunyai beberapa kegunaan, yaitu sebagai dasar informasi untuk wawancara dan sebagai informasi administrasi kepegawaian apabila yang bersangkutan diterima bekerja.

Berikut beberapa proses seleksi:

  1. Pelamar diwajibkan datang sendiri membawa surat lamaran
  2. Ujian tertulis, yaitu ujian tentang pengetahuan atau teknik yang berhubungan dengan tugas pekerjaan serta kegiatan perusahaan atau instansi.
  3. Psychological test atau tes psikologi.
  4. Wawancara sebagai awal evaluasi singkat kesesuaian pelamar dengan posisi yang ditawarkan. Pertanyaan yang diajukan pada wawancara umumnya sekitar pengalaman, gaji yang diinginkan, kondisi kerja, dan sejenisnya.
  5. Penempatan.

Tinggalkan Balasan