12 Juli 2012,
 0

Sumber gambar: iStockphoto

Teknologi wireless atau nirkabel memberikan kemudahan segala sesuatunya dikoneksikan tanpa menggunakan kabel. Perangkat yang dihubungkan tidak terbatas pada komputer, namun juga berbagai perangkat lainnya, seperti remote televisi, bluetooth, infrared, dll. Jaringan wireless atau nirkabel memiliki kelebihan dan kelemahan sebagai berikut:

  1. Keunggulannya adalah biaya pemeliharaannya yang murah, infrastrukturnya berdimensi kecil, pembangunannya cepat, pengembangannya mudah, relokasinya mudah dan murah (mendukung portabilitas).
  2. Kelemahannya adalah biaya peralatan mahal, delay yang besar, adanya masalah perambatan radio seperti terhalang, terpantul, dan banyak sumber interferensi, kapasitas jaringan menghadapi keterbatasan spektrum, serta keamanan data kurang.

Saat ini, semakin banyak laptop atau notebook yang telah berkemampuan WLAN (Wireless Local Area Network). WLAN lebih baik Anda gunakan jika:

  1. Ingin memperluas jaringan komputer Anda tanpa mau pusing menarik-narik kabel.
  2. Ingin membangun sebuah jaringan yang efisien dengan kecepatan data tinggi dan jembatan jarak jauh yang menggunakan frekuensi radio.
  3. Selalu menggunakan hotspot untuk koneksi ke Internet.

Tinggalkan Balasan