3 Juli 2012,
 2

Dalam penerapan prinsip-prinsip  GCG, banyak referensi yang bisa dijadikan untuk menjadi rujukan. Referensi tersebut diantaranya adalah:

  1. Pedoman Umum Good Corporate Governance dikeluarkan oleh KNKG
  2. Peraturan Kementrian Badan Usaha Milik Negara: PER-01/MBU/2011.
  3. Principles  of Corporate Governance dikeluarkan oleh OECD.
  4. Principles of Good Corporate Governance dikeluarkan oleh Instituto De Consejeros-Administradores (Spain).
  5. Principles of Good Corporate Governance and Best Practice Recommendations dikeluarkan oleh Australian Stock Exchange.
  6. Dan lain-lain.

Berikut ini adalah penjelasan singkat terkait lima prinsip GCG yang biasa disingkat dengan sebutan TARIF, yaitu:

1. Transparency (Transparansi)

Untuk menjaga obyektivitas dalam menjalankan bisnis, perusahaan harus menyediakan informasi yang material dan relevan dengan cara yang mudah diakses dan dipahami oleh pemangku kepentingan. Perusahaan harus mengambil inisiatif untuk mengungkapkan tidak hanya masalah yang disyaratkan oleh peraturan perundang-undangan, tetapi juga hal yang penting untuk pengambilan keputusan oleh pemegang saham, kreditur dan pemangku kepentingan lainnya.

2. Accountability (Akuntabilitas)

Perusahaan harus dapat mempertanggungjawabkan kinerjanya secara transparan dan wajar. Untuk itu perusahaan harus dikelola secara benar, terukur dan sesuai dengan kepentingan perusahaan dengan tetap memperhitungkan kepentingan pemegang saham dan pemangku kepentingan lain. Akuntabilitas merupakan prasyarat yang diperlukan untuk mencapai kinerja yang berkesinambungan.

3. Responsibility (Responsibilitas)

Perusahaan harus mematuhi peraturan perundang-undangan serta melaksanakan tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan sehingga dapat terpelihara kesinambungan usaha dalam jangka panjang dan mendapat pengakuan sebagai good corporate citizen.

4. Independency (Independensi)

Untuk melancarkan pelaksanaan asas GCG, perusahaan harus dikelola secara independen sehingga masing-masing organ perusahaan tidak saling mendominasi dan tidak dapat diintervensi oleh pihak lain.

5. Fairness (Kewajaran dan Kesetaraan)

Dalam melaksanakan kegiatannya, perusahaan harus senantiasa memperhatikan kepentingan pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya berdasarkan asas kewajaran dan kesetaraan.

2 responses on “Rujukan GCG dan prinsip TARIF

  1. Rika mengatakan:

    Pak, mau tau dong tentang, sasaran atau siapa saja yang harus melakukan penerapan GCG (Assessment GCG) terutama untuk idikator dari “Principles of Good Corporate Governance and Best Practice Recommendations dikeluarkan oleh Australian Stock Exchange”, Pedoman Umum Good Corporate Governance dikeluarkan oleh KNKG.

    • ayy13p mengatakan:

      Sasaran penerapan GCG bagi seluruh pemangku kepentingan di perusahaan, contoh: Pemegang Saham, Komisaris, Direksi, Sekretaris Perusahaan, Organ Pendukung, dan pemangku kepentingan lain.

Tinggalkan Balasan