14 Agustus 2012,
 0

Rentang kendali (span of control, SOC) adalah jumlah bawahan yang dapat dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer pada satu waktu. Pada awalnya, para ahli menduga bahwa hanya ada satu nilai ideal bagi SOC. Seiring dengan berkembangnya penelitian tentang hal ini, berbagai faktor ditemukan berpengaruh hingga akhirnya kini rentang kendali dipercayai bergantung kepada dua hal utama, yaitu industri suatu perusahaan dan perusahaan itu sendiri.

Pada umumnya perusahaan menginginkan rentang kendali yang optimum agar jumlah manajer yang perlu disediakan setara dengan jumlah pegawai yang ada. Nilai SOC dapat diperbesar dengan, misalnya, membuat pegawai lebih mandiri atau dengan meningkatkan jumlah aturan. Pandangan tentang rentang kendali ideal berubah sesuai dengan perubahan paradigma struktur organisasi. Pada awal dan pertengahan abad ke-20, kala struktur hierarki lebih disukai, rentang kendali ideal berkisar sekitar 6 (6 bawahan untuk 1 manajer). Perkembangan gaya manajemen menjadi model yang lebih datar dan lebih lepas sejak dasawarsa 1960-an meningkatkan rentang kendali menjadi 15–25. Model organisasi virtual (virtual organization) yang sedang banyak diperbincangkan dewasa ini membuat rentang kendali dapat semakin meningkat, meskipun mungkin pada model ini lebih tepat untuk menggunakan istilah “rentang kaitan lepas” (span of loose links).

Konsep ini mengemuka dalam proyek CPTR. Dalam diskusi dengan direksi, rentang kendali muncul sebagai salah satu tantangan yang dihadapi oleh manajemen.

Rujukan:

  • Hindle, T. (2008). Guide to Management Ideas and Gurus, pp. 169–170. Profile Books.
  • Reference for Business: Span of Control
  • Wikipedia: Span of control

 

Tinggalkan Balasan