22 Oktober 2012,
 0

Sumber gambar: Pemda Jakarta

Setelah mengetahui informasi mengenai persyaratan utama untuk memiliki KTP, kali ini akan dibahas mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan pada saat pengurusan KTP baru dan bagi pendatang baru di DKI Jakarta. Kelengkapan yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  • Surat pengantar dari RT/RW setempat
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi akta lahir
  • Pas foto terbaru berukuran 2 x 3 cm sebanyak 3 lembar
  • Surat Keterangan Pendaftaran Penduduk Tetap (SKPPT) bagi Warga Negara Asing (WNA) atau Surat Keterangan Pelaporan Pendatang Baru (SKPPB) bagi pendatang dari luar DKI Jakarta (pilih satu di antara dua pilihan surat tersebut)
  • Bukti Pembayaran Keterlambatan Pembuatan KTP (bila terlambat)

Seseorang yang baru pindah ke Jakarta, namun tidak langsung menjadi penduduk, harus segera mengurus persyaratan untuk menjadi calon penduduk dan dikenakan retribusi sebesar Rp5.000. Pelaporan calon penduduk tersebut harus dilaksanakan selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak tanggal surat keterangan pindah dari tempat sebelumnya. Bilamana melebih waktu tersebut, orang tersebut akan dikenakan tambahan biaya selain biaya retribusi, yaitu denda sebesar Rp10.000.

Batas waktu berakhirnya KTP sama dengan tanggal dan bulan kelahiran yang bersangkutan. Masa berlaku KTP adalah 5 (lima) tahun, kecuali untuk penduduk yang berusia di atas 60 (enam puluh) tahun/manula. Bilamana ada perubahan data seperti alamat dan kewarganegaraan, penduduk sebaiknya segera mengganti KTP yang lama dengan KTP yang baru. Ada juga pihak-pihak yang tidak wajib memiliki KTP, seperti anggota perwakilan negara asing, organisasi internasional, korps diplomatik beserta anggota keluarganya, dan penduduk sementara (pemegang KIM/KIMS).

Sumber:

Tinggalkan Balasan