20 November 2012,
 0

Kekuasaan adalah salah satu konsep yang ada dalam ilmu politik. Sebelumnya, mari kita ketahui bahwa kata politik berasal dari bahasa Yunani, yaitu polis yang berarti “kota terbaik”. Tujuan dari polis adalah terwujudnya kebaikan bersama, kesatuan, dan keseragaman di antara warga negara. Ilmu politik menurut J. Bartens adalah ilmu yang mempelajari kehidupan negara … yang merupakan bagian dari masyarakat; ilmu politik mempelajari negara-negara itu melakukan tugasnya. Untuk mewujudkan kebaikan bersama tersebut perlu adanya kekuasaan yang dimiliki oleh pihak-pihak yang akan mengelola negara. Oleh karenanya, politik sangat erat kaitannya dengan kekuasaan, yaitu bagaimana kekuasaan itu diperoleh, dipertahankan, dan diperluas.

Definisi kekuasaan dikutip dari buku The Power of Elite karya C. Wright Mills adalah kemampuan untuk melaksanakan kemauan kendati orang lain menentang. Dalam konsep kekuasaan, terdapat beberapa hal yang berkaitan erat satu sama lain, yaitu:

  • Pengaruh (influence), yaitu kemampuan untuk memengaruhi sikap dan perilaku seseorang secara sukarela guna memenuhi kepentingan pihak yang berkuasa;
  • Force, yaitu penggunaan tekanan fisik seperti membatasi kebebasan, menimbulkan rasa sakit, ataupun membatasi pemenuhan biologis terhadap pihak lain agar melakukan sesuatu;
  • Persuasi, yaitu kemampuan meyakinkan orang lain melalui alasan kuat untuk melakukan sesuatu;
  • Manipulasi, yaitu menggunakan pengaruh yang tidak disadari orang lain untuk memenuhi keinginan pemegang kekuasaan;
  • Coercion, yaitu peragaan kekuasaan atau ancaman paksaan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok kepada pihak lain agar bersikap dan berperilaku sesuai kehendak pemilik kekuasaan.

Politik dan kekuasaan tidak hanya berlaku pada hal-hal yang terkait dengan negara. Mungkin, secara tidak disadari, aplikasi konsep politik dan kekuasaan terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dalam lingkungan keluarga, perusahaan, atau pertemanan.

Rujukan: Leo Agustino. 2006. Politik & Kebijakan Publik.

Tinggalkan Balasan