3 Oktober 2012,
 0

Sumber gambar: CrossFit Burleson

Percaya diri adalah salah satu aspek kepribadian yang penting untuk dimiliki setiap manusia. Saya yakin setiap kita memiliki rasa percaya diri, namun seberapa besar rasa percaya diri yang kita miliki tergantung bagaimana kemampuan setiap individu itu sendiri. Dalam Kamus istilah Bimbingan dan Konseling (2005:87) karangan Thantaway, percaya diri adalah kondisi mental seseorang yang memberi dorongan kuat pada dirinya sendiri untuk berbuat atau melakukan sesuatu. Orang yang tidak percaya diri cenderung memiliki pikiran negatif, kurang percaya, dan tertutup akan kemampuan dirinya sendiri.

Berikut macam-macam percaya diri untuk dapat membantu mengenal seberapa besar percaya diri yang kita miliki:

  • Self-concept: gagasan tentang diri sendiri, bagaimana Anda menyimpulkan, memotret, dan menginginkan diri menjadi manusia yang kita harapkan.
  • Self-esteem: pemikiran tentang sejauh mana Anda memiliki perasaan positif akan sejauh mana kita memiliki sesuatu yang bernilai dalam diri sendiri. Apakah Anda memiliki sesuatu yang bernilai dan berharga dalam diri Anda.
  • Self-efficacy: keyakinan akan sejauh mana kapasitas yang dimiliki untuk menjalankan dan menangani suatu persoalan mengenai baik-buruk atau tepat-salah.
  • Self-confidence: merupakan gabungan dari self-esteem dan self-efficacy (menurut James Neill, 2005), yaitu sejauh mana kita memiliki keyakinan penilaian terhadap kemampuan dan kepantasan akan keberhasilan diri.

Dari keempat macam percaya diri di atas, manakah percaya diri yang kita miliki? Apakah keempat macam percaya diri di atas telah kita miliki seluruhnya untuk menunjang kinerja kerja kita di perusahaan?

Rujukan: Pengertian Kepercayaan Diri

Tinggalkan Balasan