5 Juli 2012,
 0

Sudah sampai bagian ke tiga, padah bagian ini saya akan memaparkan bagian-bagian pada komputer.

CPU adalah otaknya komputer bagian inilah yang melakukan perintah – perintah pada komputer. Jika kita hendak membeli komputer bagian ini yang sering disebut sebagai pentium atau core. Setelah CPU bagian terpenting lainnya adalah Motherboard atau Mainboard. Motherboard berbentuk kotak dan agak besar, benda ini adalah induk dari komputer oleh sebab itu disebut “mother” karena semua hardware bertumpu pada benda satu ini. Oleh sebab itu banyak orang yang mengatakan jika motherboard rusak sama dengan harus membeli baru komputer.

Selanjutnya kita masuk ke bagian memori. Memori yang pertama adalah Hard disk drive. Hard disk adalah tempat untuk menyimpan data. Semua file pekerjaan yang kita kerjakan tersimpan dalam hard disk dan ukuran hard disk saat ini sudah mencapai satuan Terabyte (TB). Setelah hard disk ada juga RAM (Random Access Memori). RAM adalah memori tempat penyimanan data sementara. Ketika mengetik pada microsoft word semua ketikan sebelum disave di simpan dalam RAM, tetapi setelah disave file tersebut akan di simpan pada hard disk. Inilah alasan mengapa RAM dapat mempengaruhi kecepatan komputer. Semakin besar RAM makan semakin besar juga data yang dapat di simpan sementara.

Komponen yang terakhir adalah VGA (Video Graphic Adapter). Tugas komponen ini adalah untuk melakukan rendering tampilan gambar ke monitor. Untuk orang yang sering bermain game tentu komponen ini sangat penting karena ada game-game tertentu yang memiliki grafik level yahud tidak bisa dimainkan jika tidak memiliki VGA. Tidak terbatas pada game saja untuk program-program multimedia seperti flash, photoshop, dan corel draw juga membutuhkan VGA.

Sumber diambil dari:

  • http://hardwaremaniac.wordpress.com/2009/11/29/fungsi-vga/
  • http://ebsoft.web.id/mengenal-apa-itu-ram-memory-ddr-ddr2-dan-ddr3-sdram/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Unit_Pemroses_Sentral

Tinggalkan Balasan