3 September 2012,
 0

Sumber gambar: Organisation Development

Pengembangan organisasi (organizational development) merupakan suatu metode untuk mendorong terjadinya perubahan sikap, nilai, dan kepercayaan para pegawai sehingga mereka dapat melakukan perbaikan dalam organisasi. Pelaksanaan pengembangan organisasi selalu melibatkan seluruh anggota di perusahaan dalam mengumpulkan data mengenai organisasi, menganalisis data, dan merencanakan pemecahan masalah berdasarkan analisis tersebut.

Terdapat tiga cara dalam pengembangan organisasi, yaitu:

1. Survey Feedback

Metode ini menggunakan survei untuk melihat sikap-sikap karyawan dan memberikan umpan balik kepada manajer departemen sehingga masalah-masalah dapat diselesaikan di antara pegawai dan manajer. Hasil survey ini juga dapat digunakan oleh departemen lain sebagai dasar diskusi antar pegawai dalam referensi pemecahan masalah.

2. Sensitivity Training

Sensitivity training menjadi salah satu cara untuk meningkatan wawasan pegawai terhadap perilakunya sendiri di dalam diskusi terbuka dalam kelompok yang dipimpin oleh pemandu yang kompeten.

3. Team Building

Team building digunakan untuk menggali masalah di dalam kelompok, bagaimana berpikir tentang fungsi kelompok, dan kendala dalam upaya memperbaiki kinerja kelompok. Informasi diperoleh dari kelompok, kemudian anggota kelompok menganalisis data dengan kerja sama dan mengembangkan pemecahan masalah bersama.

Tinggalkan Balasan