19 Juli 2012,
 0

Dalam pembentukan kas kecil harus ada nominal yang sudah harus dipastikan dalam saldo kas kecil. Nominal yang ditentukan harus sesuai dengan skala operasional perusahaan. Manajemen diperbolehkan untuk mengubah batas saldo minimal kas kecil, tetapi kebijakan baru itu hendaknya  diumumkan secara resmi kepada semua pihak di dalam perusahaan. Pemberitahuan ini perlu diketahui dan dijadikan dasar pertimbangan bagi setiap departemen di perusahaan di dalam melakukan pemetaan akan dana atau pembelian barang.

Berikut langkah-langkah pengisian kas kecil:

  1. Setelah nilai pengisian kas kecil ditentukan, financial controller memberikan perintah pengisian kepada kasir umum (General Cashier) dengan menarik kas dari bank.
  2. Setelah jumlah fisik dana kas kecil selesai dihitung dan sudah diterima, dilakukan serah terima resmi sewaktu kasir kas kecil menandatangani tanda terima atas dana kas kecil dan dana sekaligus diserahkan kepada yang membutuhkan dana tersebut.
  3. Kasir kas kecil wajib menaati ketentuan batas saldo maksimal atas kas kecil. Jika suatu ketika saldo kas kecil mengalami perubahan yang signifikan, kasir kas kecil (1) mengajukan permohonan pengisian kembali serta (2) melaporkan dan menyerahkan kelebihan dana
  4. Untuk setiap pengeluaran, kasir kas kecil harus membuat bukti pengeluaran kas kecil  dan dicatat dalam buku kas kecil, kemudian bukti pengeluaran diarsipkan dengan baik.

Dalam menangani kas kecil diperlukan ketelitian pengelolaan. Kesalahan atau ketidaksamaan pelaporan antara pemohon dana dan pengelola kas kecil akan menimbulkan permasalahan dalam penanganan kas kecil perusahaan.

Tinggalkan Balasan