20 Juli 2012,
 0

Sumber gambar: AACME Data Center

Database pada dasarnya adalah kumpulan informasi yang terkait dalam  beberapa cara. Contohnya jika menjalankan perusahaan dan menjual produk, pastinya perusahaan mempunyai database yang hanya menampilkan semua database perusahaan-perusahaan lain yang telah dibuat selamaperiode waktu. Menyimpan data dalam database akan lebih memudahkan untuk mendapatkan informasi yang kita perlukan sehingga, apabila diperlukan, kita dengan mudah mendapatkan informasi perusahaan yang kita perlukan.

Pembuatan database biasanya digunakan dengan menggunakan Excel agar lebih memudahkan untuk menyortir sesuai dengan urutan yang kita inginkan. Biasanya informasi database yang didapat dalam kolom ialah nama perusahaan, nama perorangan, jabatan, alamat kantor, dan nomor telepon kantor. Pembuatan database biasanya dibuat oleh pihak yang berkepentingan dalam suatu perusahaan, bisa HRD ataupun sekretaris perusahaan.

Berikut langkah-langkah pembuatan database:

  1. Kumpulkan data-data yang bisa didapat melalui name card dan beberapa data yang terdapat dalam perusahaan yang dianggap penting dan perlu dijaga dengan baik.
  2. Sortir data-data sesuai dengan kepentingan atau, agar lebih mempermudahkan mencari data tersebut, urutkan sesuai abjad nama atau abjad dari nama perusahaan agar lebih mudah mendapatkan datanya apabila diperlukan.
  3. Simpan database di folder yang mudah didapatkan.

Tinggalkan Balasan