9 Juli 2012,
 0

Kembali lagi akan saya berikan lanjutan dari artikel fitur-fitur tersembunyi yang bisa didapati di dalam Ms Paint, di bawah ini ada beberapa paragraf sebagai pengingat bagi kalian yang lupa atau tidak tahu apa itu Ms Paint. 😀

Pengguna komputer berbasis Windows pasti tidak asing dengan fitur “Paint” bawaanOperating System Windows. Paint adalah fitur atau program bawaan Windows untuk meng-edit gambar secara sederhana, namun sangat disayangkan jika tidak atau jarang digunakan.

Sejarah dan seluk beluk Ms Paint bisa dilihat melalui link yang ada di bawah ini :

http://en.wikipedia.org/wiki/Paint_(software)

Untuk masuk ke dalam software tersebut biasa melalui cara sebagai berikut :

Melalui tombol “Start” > All Program > Accessories > Paint.

Baik anda-anda sekalian sudah diingatkan kembali tentang apa itu Ms Paint, mari kita mulai masuk pada fitur tersembunyi lanjutannya. Pada surel sebelumnya kita sudah belajar tentang Brush Scalling, Custom Brush, Stamp Tool, pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang One Step Scalling. Penjabaran saya berikan dibawah ini :

4. One Step Scalling

Saat ingin melakukan scalling gambar di Paint,  ada dua cara yang bisa digunakan. Yang pertama adalah buat seleksi kemudian drag kotak-kotak yang berada di sudut-sudut seleksi tersebut, atau menggunakan menu Image | Resize atau Skew. Cara pertama biasanya tidak memberikan hasil yang diinginkan, karena sulit mempertahankan proporsi gambar. Cara kedua terlalu panjang sehingga memperlambat proses.

Ada cara lain yang mudah namun terbatas untuk scalling perpangkatan 2 ( …, 1/8, 1/4, 1/2, 1, 2, 4, 8, … ) yaitu dengan cara melakukan seleksi lalu menekan [Ctrl]+[NUM+] dan  [Ctrl]+[NUM-].

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Tinggalkan Balasan