5 Juli 2012,
 0

Teknik – teknik dalam melakukan asesmen risiko terdiri dari beberapa metode, salah satu metodenya yaitu Look – Up MethodsLook – Up Methodsterbagi lagi menjadi dua cara, yaitu: Checklist dan Preliminary Hazard Analysis. Berikut ini akan coba diterangkan mengenai Metode Checklist.

Checklist merupakan suatu daftar atau data yang diperoleh dari masa lalu. Kegunaan dari metode ini, yaitu sebagai alat dalam mengidentifikasi risiko. Tentunya  metode ini sangat membantu si pengguna, jika pengguna  lupa akan data yang terjadi di masa lalu, checklist dapat dijadikan sebagai alat pengingat. Proses dari penggunaan metode inipun  dikatakan cukup mudah, dengan cara melakukan pencatatan data-data yang akan disimpan pada checklist. Bilamana sudah, di kemudian hari kita lupa akan data di masa lalu tersebut, kita dapat langsung melihat checklist yang telah kita buat. Sehingga proses aktivitas pekerjaan yang kita lakukan tidak memakan waktu yang lama untuk mengingat-ingat data di masa lalu.

Kelebihan dari metode ini, yaitu dapat dan mudah digunakan oleh penggunanya dan membantu pengguna untuk mengingat kembali data yang pernah muncul di masa lalu. Sedangkan kekurangan dari metode ini, yaitu dapat menghambat perkembangan kreativitas si pengguna, karena data yang dilihat hanya terbatas pada checklist tersebut, sehingga si pengguna hanya mengidentifikasi data/ risiko yang terlihat pada checklist saja.

Tinggalkan Balasan