19 September 2012,
 0

Gambar: iDiva

Sering kali lingkungan pekerjaan di kantor membuat kita menjadi tidak semangat bekerja, terutama semangat tersebut dapat hilang di lingkungan sekitar meja kerja kita sendiri. Berikut ini akan dibahas mengenai kiat-kiat dalam meningkatkan semangat bekerja di kantor:

  • Barang favorit/kesukaan. Tentu setiap kita memiliki barang favorit/kesukaan, apa pun itu, dan adanya barang kesukaan tersebut biasanya bisa membantu kita untuk lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas. Sebagai contoh, jika kita memiliki pernak-pernik/foto atau barang lainnya yang bisa membuat kita senang atau bersemangat, kita dapat meletakkan barang kesukaan tersebut di sekitar area meja kantor. Hal tersebut ditujukan agar senantiasa kita dapat memiliki mood yang senang dalam aktivitas di kantor.
  • Musik. Jika ditelusuri dengan melihat orang-orang yang bekerja di kantor, musik merupakan salah satu faktor penyemangat bekerja kita di kantor. Karena itu, jika kita sedang tidak bersemangat dengan pekerjaan yang dilakukan, segera dengarkan musik untuk meningkatkan semangat bekerja kita. Namun, perlu diingat, supaya tidak menganggu rekan kerja yang lain, dengarkan musik dengan volume yang kecil atau dengarkan dengan menggunakan headset supaya rekan lain dapat tetap berkonsentrasi mengerjakan pekerjaannya.
  • Alam. Saya pernah membaca suatu artikel di situs internet yang menuliskan bahwa alam dapat membantu kita meningkatkan semangat bekerja. Yang dimaksud dengan alam adalah tanaman ataupun binatang. Jadi, jika kita suka dengan alam, bisa saja kita menaruh tanaman di pot yang berukuran kecil bila area di sekitar meja kita sempit. Atau, bila area sekitar meja kita cukup luas untuk menaruh tanaman di pot yang berukuran sedang, itu pun baik. Tujuan lain dari menaruh alam di area meja kantor adalah dapat meningkatkan udara bersih di ruang kerja kita. Jika kita adalah pencinta binatang, sebagai contoh ikan, kita bisa membawa akuarium kecil untuk diletakkan di area meja kantor kita. Namun, dalam hal ini tentu dibatasi binatang apa saja yang bisa kita bawa. Tidak mungkin kita membawa binatang dalam ukuran besar seperti anjing, kucing, atau yang lainnya.
  • Langkah terakhir setelah kita melakukan kiat-kiat di atas adalah rapikan meja kerja kita dari kertas, buku, dokumen, dan laporan yang saat ini tidak dipakai. Dengan meja yang rapi, tentu kita akan bersemangat bekerja karena tidak diganggu dengan dokumen-dokumen yang berantakan.

Semoga catatan ini dapat membantu setiap kita yang saat ini sedang tidak bersemangat bekerja :)

Tinggalkan Balasan