12 September 2012,
 0

Gambar: The Center for Skillful Means

Bagaimana supaya pesan yang kita sampaikan kepada orang lain dapat tersampaikan dengan baik? Seberapa jauh orang akan bereaksi dengan komunikasi yang diterimanya dan terhadap keputusan seseorang? Tentu untuk bisa memahami hal tersebut, kita perlu memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik. Berdasarkan hasil survei dengan menggunakan dua metode, yaitu mendengar dan berdiskusi mengenai suatu pesan, didapatkan fakta bahwa metode berdiskusi lebih efektif dibandingkan dengan metode mendengar.

Setelah kita mengetahui bahwa metode berdiskusi lebih efektif daripada mendengar, ada dua hal lain yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi, yaitu:

  • Komunikasi dua arah. Hambatan terbesar komunikasi mungkin disebabkan oleh banyaknya organisasi yang tidak benar-benar menerima dan percaya adanya komunikasi dua arah. Agar komunikasi dapat berjalan dengan baik, status seseorang tidak boleh dikedepankan.
  • Komunikasi tertulis. Kita tidak boleh mengandalkan pesan tertulis saja, namun juga harus memperhatikan pesan lisan karena kita tidak dapat memiliki rasa saling percaya hanya dengan melihat tulisan, bukan? Tentu kita harus memperhatikan raut atau ekspresi wajah dari lawan bicara kita untuk mendapat rasa saling percaya tersebut.

Tinggalkan Balasan