2 Oktober 2012,
 0

Sumber gambar: Science Photo Library

‘Stres’. Tentu kita sudah tidak asing mendengar kata ini. Stres adalah kondisi sewaktu seseorang dihadapkan dalam situasi yang tidak bersahabat, mungkin karena pekerjaan yang menumpuk, atasan yang sering marah-marah, atau mungkin karena rekan kerja yang tidak bisa bekerja sama. Hal-hal tersebut membuat kita menjadi stres dan kehilangan semangat bekerja.

Tentu kita tidak ingin mengalami stres, bukan? Nah, berikut akan dibahas mengenai kiat-kiat menghindari stres, yaitu:

  • Bersenandung. Pertama-tama, lupakan pekerjaan sejenak. Dengarkan musik kesukaanmu sejenak sambil melihat album foto atau gambar-gambar lucu, unik, dan tentu yang menjadi favoritmu yang ada di layar komputer atau ponsel. Setelah melakukan hal ini, kamu sudah bisa menghilangkan stres.
  • Buka komunikasi dengan teman. Karena padatnya jadwal pekerjaan, sering kali kita sampai tidak sempat mengobrol dengan teman-temanmu di jejaring sosial atau melalui surel/SMS. Sempatkan sejenak untuk menanyakan bagaimana kabar mereka dan bercerita sedikit mengenai cerita-cerita lucu dan menyenangkan yang pernah kalian alami bersama. Setelah ini dilakukan, paling tidak kita sedikit menghilangkan stres atau rasa penat yang kita rasakan.
  • Lepaskan rasa penat. Biasanya kalau sedang stres rasanya ingin melepaskan rasa itu dengan melakukan pukulan. Namun, jangan lakukan pukulan di tempat yang bertekstur keras, ya. Lakukan pada tempat yang empuk, seperti dumbel. Atau mungkin kita punya teman kerja yang bersedia menjadi tempat kita melepaskan rasa penat dengan memberikan pukulan ringan. Itu juga merupakan solusi penghilang stres (tapi pastikan teman kita bersedia ya).
  • Keluarkan unek-unek. Kalau kita adalah seseorang yang suka menulis, kita dapat menuangkan rasa stres atau kekesalan yang kita alami dengan menulis. Dengan melakukan hal ini, tanpa kita sadari kita sudah mengeluarkan pikiran-pikiran negatif dalam diri kita. Cara menuangkannya pun beragam, dapat dengan ditulis tangan, diketik di komputer, ataupun digambar.
  • Pejamkan mata. Menurut William Anthony, PhD, psikolog dan peneliti dari Boston University dan pengarang buku The Art of Napping at Work, tidur sejenak sekitar 5-10 menit di siang hari dapat membantu kita menghilangkan rasa stres dan penat yang sedang kita alami. Hasil yang didapat nantinya tentu dapat meningkatkan konsentrasi kerja kita selanjutnya. Bila kita tidak memiliki waktu tidur siang sejenak, coba luangkan waktu singkat pada saat jam istirahat untuk tidur sejenak. Dengan begitu, rasa penat yang kita alami dapat dihilangkan.
  • Menyeruput minuman hangat. Jika kita peminat kopi, ubahlah kebiasaan itu karena kandungan kafein yang ada pada kopi dapat menimbulkan rekasi jantung yang berdebar-debar. Lain halnya dengan kandungan kafein yang ada pada teh. Secangkir teh hangat akan membuat kita kembali bersemangat kembali.

Semoga kiat-kiat di atas dapat membantu kita menghilangkan rasa stres yang kita alami.

Tinggalkan Balasan