22 Oktober 2012,
 1

Sumber gambar: Binham

Tanggung jawab tertinggi untuk mencapai kebebasan murni adalah bertanggung jawab atas diri sendiri. Ada 3 hal yang dapat digunakan untuk mengenali kekuatan dan potensi diri, yaitu apa yang kita suka lakukan, apa yang kita suka baca, dan keadaan sekeliling yang memotivasi diri. Berikut akan dijelaskan setiap hal tersebut.

Apa yang kita suka lakukan?

Apabila kita mempunyai waktu luang, apakah yang akan kita lakukan? Aktivitas ini biasanya adalah kekuatan diri yang tidak kita sadari. Sebagai contoh: Kita adalah orang yang suka menulis mengenai buku-buku atau artikel yang kita baca dalam waktu luang yang kita miliki. Kegiatan menulis ini dapat dikatakan suatu potensi yang ada dalam diri kita tanpa kita sadari.

Apa yang kita suka baca?

Kita dapat melihat kembali apa yang sering kita baca. Menurut kajian, buku yang sering kita beli dapat mencerminkan kemampuan diri kita. Pernahkah kita menghadapi suasana nyaman saat kita membaca buku yang dibeli dan tidak merasa terpaksa untuk membeli buku tersebut? Apabila situasi ini terjadi, itu merupakan petunjuk bahwa kita memiliki kekuatan dalam buku yang kita baca. Sebagai contoh: Seseorang yang suka membaca buku masakan, maka orang tersebut kekuatannya dalam hal masakan atau menginovasikan masakan sesuai dengan keinginannya.

Keadaan sekeliling yang memotivasi diri

Situasi yang memberikan motivasi kepada kita dapat menonjolkan kekuatan diri. Apabila kita senang menghadiri seminar yang terkait dengan penulisan, mungkin kita memiliki kekuatan untuk menjadi seorang penulis.

Catatan

Amatilah pikiranmu karena itu akan menjadi ucapanmu. Amatilah ucapanmu karena itu akan menjadi tindakanmu. Amatilah tindakanmu karena itu akan menjadi kebiasaanmu. Amatilah kebiasaanmu karena itu akan menjadi karaktermu. Amatilah karaktermu karena itu akan menjadi nasibmu. Di atas semua itu, “Amatilah dirimu.”

Sumber: Blog Aqif Azizan

One response on “Mengenal dan Mengetahui Potensi Diri

  1. adhit mengatakan:

    sejauh ini saya masih sangat bingung dengan potensi yang saya miliki.. hal tersebut karena terlalu banyak hal yang saya sukai… bingung………………

Tinggalkan Balasan