25 Juli 2012,
 0

Gambar: My Travel Clinic

Pada DIS yang sebelumnya saya sudah menjelaskan perjalanan dinas pimpinan lewat darat. Kali ini saya akan menjelaskan perjalanan dinas pimpinan menggunakan jalur udara. Perjalanan dinas pimpinan lewat udara dengan menggunakan fasilitas pesawat udara hendaknya benar-benar dipertimbangkan tingkat efektivitas dan efisiensinya. Mendesak atau tidaknya waktu dan urusan yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah serta kondisi keuangan perusahaan hendaknya menjadi pertimbangan untuk memutuskan penggunaan alat transportasi pesawat udara. Persiapan dan tugas yang harus dilakukan sekretaris adalah:

  1. Dapatkan tiket pesawat terbang, bisa penerbangan pada kelas ekonomi atau kelas utama. Biasanya perusahaan telah menentukan kelas apa yang cocok untuk pimpinan.
  2. Carilah keterangan dari pelabuhan udara mana pesawat akan diberangkatkan, serta dengan cara apa pimpinan harus pergi ke sana. Tanyakan pukul berapa pimpinan harus sudah sampai lapangan terbang dan waktu keberangkatan.
  3. Dapatkan mata uang asing, travellers cheque, dan surat izin bepergian.
  4. Periksalah apakah koper yang dibawanya sudah melebihi berat maksimum atau belum.
  5. Pastikan kembali apakah surat-surat, paspor, visa, dan hal penting yang akan dibawa sudah  tersusun dengan baik dan tidak ada yang tertinggal.
  6. Pastikan jadwal pimpinan pulang kembali sudah diketahui oleh sekretaris, agar pimpinan bisa dijemput tepat waktu ketika sudah tiba di bandara.

Pada DIS berikutnya saya akan menjelaskan lebih luas lagi mengenai hal-hal apa saja yang diperlukan dalam kegiatan perjalanan dinas pimpinan.

Tinggalkan Balasan