24 Juli 2012,
 0

Gambar: Business Travel Extras

Mengatur perjalanan dinas pimpinan dapat dibedakan berdasarkan kualifikasi tujuan, sarana transportasi yang digunakan, lama perjalanan, dan wilayah atau kota yang akan dituju. Ada tiga macam perjalanan dinas yang dilakukan oleh pimpinan, yaitu: (1) perjalanan dinas lewat darat, (2) perjalanan dinas lewat udara, dan (3)  perjalanan dinas lewat laut.

Perjalanan dinas lewat darat dapat dilakukan dengan mobil perusahaan, travel, bus, atau kereta api. Perjalanan dinas dengan menggunakan mobil perusahaan dilakukan apabila jarak perusahaan dan tempat tujuan relatif dekat. Perjalanan dengan menggunakan jasa biro ditetapkan apabila jarak perusahaan dengan tujuan relatif jauh. Di bawah ini akan diuraikan apa saja yang dibutuhkan saat melakukan perjalanan dinas lewat darat:

  1. Gunakan rute dan peta yang akan dituju untuk lebih mudah mencari tempat yang akan dituju apabila lokasi tersebut belum diketahui dengan pasti.
  2. Carilah kondisi cuaca dan jalan yang akan dilewati apakah jalanan tersebut dapat dilewati dengan baik dan mampu sampaidi tempat yang dituju sesuai dengan jadwal yang sudah diagendakan.
  3. Siapkan rencana perjalanan, termasuk keterangan mengenai janji pertemuan dan rapat yang harus diikuti, serta nomor telepon dan alamat perusahaan yang akan dikunjungi.
  4. Cek kembali dokumen-dokumen yang akan digunakan oleh pimpinan saat rapat (pastikan semua dokumen yang dibutuhkan lengkap).

Tinggalkan Balasan