31 Oktober 2012,
 0

Sumber gambar: Dr Akilah El

Rasa malas bisa datang kapan saja tanpa peduli waktu dan kepada siapa rasa malas itu menghinggapinya. Kita pun sering mengalami rasa malas saat bekerja. Rasa ini cenderung mengurangi produktivitas kita dan membuat kita tidak berkonsentrasi dalam bekerja. Wah, kalau seperti ini terus-terusan, bisa-bisa kita segera angkat kaki dari perusahaan yang kita geluti selama ini.

Jika Anda mengalami rasa malas setiap kali akan bekerja, berarti ada yang salah dalam kehidupan kerja atau karier Anda. Namun, bukan berarti riwayat kerja Anda akan berakhir. Yang harus Anda lakukan adalah menganalisis dan mencari solusi dari penyebab rasa malas Anda.

Berikut beberapa poin penyebab rasa malas sekaligus cara mengatasi rasa malas tersebut:

1. Cari yang positif: Tulis hal-hal yang bisa membuat semangat dalam melakukan suatu pekerjaan. Nah, sekarang lihat lagi, seberapa seringkah Anda menggunakan kebaikan atau kesenangan tersebut untuk memotivasi diri untuk semangat bekerja? Sekarang, gunakan hal-hal positif tersebut untuk membantu dalam menyelesaikan setiap pekerjaan.

2. Buat prioritas: Saat malam, buatlah tiga prioritas yang harus Anda lakukan esok harinya. Pastikan Anda mengerjakan tiga hal tersebut esok harinya. Pembuatan daftar pekerjaan seperti ini akan bisa menghindari kondisi yang stres.

3. Ciptakan energi: Menciptakan energi bisa dilakukan dengan hal-hal yang sederhana, seperti sarapan pagi, olah raga kecil, dan minum air putih. Sarapan pagi bisa membuat tubuh Anda berenergi dan fisik tak mudah lelah. Dengan minum air, Anda pun akan terhindar dari dehidrasi dan kelelahan.

4. Analisis penyebab: Analisislah penyebab stres dan kemalasan Anda saat bekerja. Anda yang paling tahu dengan kondisi Anda sendiri. Penyebab stres bisa datang dari lingkungan kerja, teman-teman dalam tim Anda, beban kerja, manajemen waktu, dan beberapa poin yang biasa Anda temui dalam lingkungan kerja Anda.

5. Buat rencana aksi: Jika Anda sudah bisa menganalisa segala masalah yang membuat Anda malas bekerja dan Anda ingin bertekad untuk mengatasinya, segeralah membuat rencana aksi atau tindakan. Rencana ini berisikan hal-hal yang bisa memberi keseimbangan antara waktu kerja dan waktu pribadi Anda.

Rujukan: http://susila-besmart.blogspot.com/2012/01/cara-mengatasi-rasa-lelah-dan-mengantuk.html

Tinggalkan Balasan