25 Oktober 2012,
 0

Sejak sekitar tahun 2011, Google melakukan eksperimen dengan menampilkan informasi kepengarangan (authorship) konten yang muncul pada hasil penelusuran. Pada tangkapan layar terlampir, dapat dilihat bahwa konten yang memiliki informasi kepengarangan tampak menonjol dibandingkan konten lain karena adanya foto kecil sang pengarang yang menyertai konten tersebut. Untuk membuat perayap (crawler) Google mengenali informasi kepengarangan suatu konten, pengarang perlu menautkan konten mereka dengan profil Google+.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut.

  1. Buat profil Google+ dengan foto wajah yang jelas dan dapat diidentifikasi karena kualitas foto konon memengaruhi penilaian Google.
  2. Edit bagian “Kontributor untuk” (Contributor To) dalam profil Google+ untuk mencantumkan alamat situs yang ingin ditautkan, misalnya http://iknow.apb-group.com.
  3. Pada situs yang ingin ditautkan, cantumkan satu tag “a” khusus di dalam HTML Anda dengan bentuk <a rel=”author” href=”https://plus.google.com/<id_profil_google>?rel=author”></a>. Ganti bagian <id_profil_google> dengan ID yang Anda lihat pada URL profil Anda, misalnya 105052701746386878138.
  4. Gunakan Alat Uji Coba Data Terstruktur yang disediakan Google untuk melihat data pengarang yang dapat diekstrak oleh Google.
  5. Tunggu beberapa hari agar perayap Google dapat kembali mengunjungi situs dan mendapatkan informasi kepengarangan penulis.

Tinggalkan Balasan