24 Oktober 2012,
 0

Sumber gambar: Postmasculine

Pada dasarnya, setiap orang dilahirkan memiliki potensi yang unik dan mereka lebih tertarik pada dirinya sendiri. Hanya saja, sebagai manusia terkadang dalam menjalani hidup ini sering tidak terpikirkan bahwa mereka terlahir dengan kepribadian dan potensi yang besar melebihi apa yang mereka pikirkan.

Orang yang memiliki sifat rasa percaya diri yang baik memiliki kecenderungan untuk selalu melihat hal-hal positif yang melekat pada dirinya sendiri dan tidak menjadikan kelemahan-kelemahan yang dimiliki sebagai penghalang yang sangat jelas mengenai tujuan hidup dan jati diri mereka. Rasa percaya diri inilah yang dimiliki oleh orang-orang sukses dan sudah menjadi ciri khas mereka. Mereka sungguh paham dengan kemampuan dan potensi diri yang mereka miliki sehingga ketika sedang berhadapan dengan sebuah masalah, mereka dapat melaluinya dengan baik, meskipun dalam prosesnya mereka menemui berbagai kegagalan. Di saat mengalami kegagalan, mereka selalu berhasil membangun rasa percaya diri mereka untuk bangkit.

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan percaya diri:

  • Selalu berpikir positif dan jangan berpikir negatif terhadap apa yang ada pada diri. Tanamkan keyakinan bahwa Anda lebih baik dari pada apa yang Anda pikirkan.
  • Cari dan temukan lingkungan yang dapat membantu self esteem atau kepercayaan diri. Kembangkan kepercayaan diri dengan memperbanyak membaca buku-buku positif ataupun buku-buku tentang motivasi dan bergaullah dengan orang-orang yang positif.
  • Jangan menunda untuk melakukan tindakan karena tindakan akan membuat keyakinan semakin kuat.
  • Sikapilah kegagalan dengan bijaksana karena tidak menjadi masalah seberapa sering Anda gagal. Yang penting adalah seberapa sering Anda bangkit dari kegagalan.

Rujukan: http://www.metris-community.com/tips-cara-meningkatkan-agar-percaya-diri/

Tinggalkan Balasan