17 September 2012,
 1

Gambar: Tutorials Point

Matriks penugasan tanggung jawab (responsibility assignment matrix, RAM), atau lebih dikenal dengan istilah RACI, adalah matriks yang menggambarkan peran berbagai pihak dalam penyelesaian suatu pekerjaan dalam suatu proyek atau proses bisnis. Matriks ini terutama bermanfaat dalam menjelaskan peran dan tanggung jawab antarbagian di dalam suatu proyek atau proses. RACI merupakan akronim dari empat peran yang paling sering dicantumkan dalam matriks ini, yaitu responsible, accountable, consulted, dan informed.

Berikut keterangan tentang tiap peran ini:

  1. Pelaksana (responsible): Orang yang melakukan pekerjaan.
  2. Penanggung jawab (accountable atau approver): Orang yang bertanggung jawab terhadap penyelesaian pekerjaan atau menyetujui hasil suatu pekerjaan.
  3. Penasihat atau pengarah (consulted): Orang yang dimintai pendapat tentang suatu pekerjaan.
  4. Terinformasi (informed): Orang yang selalu mendapatkan informasi tentang kemajuan pekerjaan.

Pelaksana dan penanggung jawab acap kali diemban oleh satu orang, meskipun penanggung jawab dapat mendelegasikan pekerjaannya kepada seorang pelaksana lain. Sebagai ilustrasi, SM adalah penanggung jawab dalam proyek DANO-ICC. Ia bertindak sebagai pelaksana dalam beberapa pekerjaan proyek dan mendelegasikan beberapa pekerjaan lain kepada RT. Ia pun mendiskusikan berbagai masalah di dalam proyek kepada IL sebagai penasihat. Terakhir, ia selalu mengomunikasikan kemajuan proyek kepada DC dan NL sebagai terinformasi.

Rujukan: Responsibility assignment matrix, Wikipedia

One response on “Matriks penugasan tanggung jawab (RACI)

  1. rera mengatakan:

    selamat siang,
    apabila anda ingin menyusun RAM dengan metode RACI, bagaimanakah mekanisme yang akan anda gunakan?
    terimakasih sekali

Tinggalkan Balasan