17 September 2012,
 0

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Seorang konsultan mungkin banyak melakukan pekerjaan di luar jam kantor (lembur) dan melakukan perjalanan dinas ke berbagai tempat. Dalam kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai beberapa macam minyak yang dapat membantu kita memelihara kesehatan tubuh saat melakukan lembur dan perjalanan dinas di luar kantor.

Minyak telon berasal dari bahasa Jawa yang berarti ‘telu’ (tiga). Minyak ini adalah gabungan dari beberapa komposisi, yaitu minyak adas, kayu putih, dan kelapa yang memiliki kadar perbandingan yang telah disesuaikan. Kegunaan dari minyak telon adalah memberikan rasa hangat pada seluruh tubuh sehingga dapat menghilangkan rasa pegal dan membantu kelancaran peredaran aliran darah. Selain itu, aroma yang dihasilkan minyak telon dapat memberikan rasa tenang bagi kita yang sedang mengalami pusing-pusing dalam pekerjaan.

Minyak kayu putih merupakan hasil penyulingan dari daun dan ranting tanaman kayu putih (M. leucadendra). Karena minyak ini memiliki banyak manfaat, minyak ini tentu sering kita jumpai di berbagai tempat. Manfaat dari minyak ini adalah sebagai penghangat tubuh, pelemas otot-otot yang pegal, dan pencegah perut kembung yang seringkali kita jumpai pada teman-teman konsultan. Namun, ada manfaat lain dari minyak ini, yaitu sebagai penghilang rasa gatal karena gigitan serangga (seperti nyamuk atau serangga lainnya). Karena minyak ini memiliki kandungan bahan-bahan yang tidak disukai nyamuk atau serangga lainnya, minyak ini memiliki manfaat yang sangat membantu konsultan yang sering bekerja sampai larut malam (dalam ruangan terbuka/tertutup) maupun saat berpergian.

Minyak sereh. Dari namanya saja tentu kita pernah mendengarnya karena nama minyak ini berasal dari salah satu tumbuh-tumbuhan yang sering dipakai untuk bumbu dapur. Selain berfungsi sebagai bumbu dapur, sereh memiliki fungsi lain yaitu sebagai pengusir nyamuk (baik minyak maupun tanamannya). Belakangan ini, minyak sereh sudah banyak kita jumpai di berbagai tempat karena memiliki khasiat yang sangat membantu. Jadi, bagi tim konsultan yang akan berpergian keluar kota atau hendak lembur bekerja (terutama di lingkungan yang banyak nyamuknya :)), dengan memakai atau menaruh beberapa batang sereh di ruangan kerja, pekerjaan yang dilakukan tidak akan terganggu dengan nyamuk-nyamuk nakal tersebut :)

Tinggalkan Balasan