18 Oktober 2012,
 0

Sumber gambar: Quay West

Kemajuan teknologi, kompetisi global, dan ketahanan ekonomi dalam masyarakat yang kompleks menuntut adanya kolaborasi di antara manusia lintas departemen atau lintas keahlian. Intinya, pikiran orang banyak akan lebih baik ketimbang pikiran satu orang saja. Membangun sebuah tim adalah suatu proses memilih, mengembangkan, memberikan kemudahan, dan melatih sebuah kelompok kerja agar berhasil mencapai tujuan bersama. Melalui kerja sama serta saling berbagi pengetahuan dan keterampilan, sebuah tim sering kali mampu menyelesaikan tugas secara efektif, ketimbang dilakukan oleh seorang individu. Tim boleh jadi merupakan kelompok kerja yang relatif permanen, namun juga bisa bersifat temporer yang bertugas untuk menyelesaikan sebuah proyek tertentu

Tim dibangun dengan tujuan untuk membantu kelompok fungsional menjadi lebih efektif. Karena rasa individualisme dan persaingan antar pribadi relatif tajam dalam organisasi, secara spesifik, membangun sebuah tim artinya harus mengembangkan semangat, saling percaya, kedekatan, komunikasi, dan produktivitas seperti diuraikan di bawah ini:

  • Semangat: Muncul karena masing-masing anggota percaya bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas. Makin tinggi tingkat kepercayaan mereka atas kemampuannya, makin besar pula motivasi mereka untuk menyelesaikan tugas dengan baik.
  • Saling percaya: Rasa saling percaya antarsesama anggota merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh setiap anggota tim agar tim mampu bekerja secara efektif.
  • Kedekatan: Kedekatan antaranggota merupakan perasaan yang mampu menyatukan anggota secara sukarela. Suatu kelompok yang kohesif adalah kelompok yang dimiliki oleh setiap anggotanya. Mereka mempunyai tingkat loyalitas yang tinggi terhadap kelompoknya. Umumnya kelompok yang kohesif akan lebih produktif.
  • Komunikasi: Agar tim bisa berfungsi dengan baik, semua anggota harus mempunyai kemampuan untuk mengembangkan hubungan antarpribadi secara baik, berbicara secara terbuka satu sama lain, memecahkan konflik yang ada, dan menghadapi masalah secara bersama.
  • Produktivitas: Tim setidaknya dapat menyelesaikan tugas yang tidak mungkin dilaksanakan perorangan. Melalui saling berbagi sumber daya, keterampilan, pengetahuan, dan kepemimpinan, tim berpotensi sangat lebih efektif daripada perorangan.

Tinggalkan Balasan