5 November 2012,
 0

Sumber gambar: eHow

Peran dari fungsi Sumber Daya Manusia (SDM) pada perusahaan telah berkembang seiring dengan perkembangan waktu. Walaupun pada awalnya dimulai sebagai fungsi yang murni bersifat administratif, sebagian besar dari eksekutif SDM berpandangan bahwa peran utama fungsi SDM banyak bersifat strategis. Untuk dapat memahami terjadinya transformasi dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), siapa pun harus mengerti aktivitas MSDM dalam ukuran nilai strategisnya.

  • Aktivitas transaksional (transaksi hari per hari seperti administrasi keuntungan, penyimpanan catatan, dan pelayanan kepegawaian) adalah rendah dalam ukuran nilai strategis.
  • Aktivitas tradisional seperti manajemen kinerja atau performansi, pelatihan, rekrut, seleksi, kompensasi, dan hubungan ketenagakerjaan merupan mur dan baut dari MSDM. Berbagai kegiatan ini memiliki nilai strategis moderat karena kegiatan-kegiatan ini kerap membentuk berbagai praktik dan sistem yang memastikan eksekusi strategi.
  • Aktivitas transformasional menciptakan kemampuan dan perubahan melalui penyesuaian-penyesuaian bagi perusahaan. Berbagai aktivitas ini termasuk manajemen pengetahuan, pengembangan manajemen, perubahan budaya, dan pengarahan serta pembaruan kembali strategi. Jadi, jelas bahwa aktivitas-aktivitas ini meliputi nilai strategis terbesar bagi perusahaan.

Sebagian besar dari fungsi-fungsi MSDM menggunakan sebagian besar waktunya pada aktivitas transaksional, sangat kurang pada aktivitas tradisional, dan sangat kecil pada aktivifitas transformasional. Akan tetapi, sesungguhnya semua fungsi MSDM guna meningkatkan nilai bagi perusahaan seharusnya meningkatkan usaha mereka dalam aktivitas-aktivitas tradisional dan transformasional. Untuk melaksanakan ini, para eksekutif SDM perlu melakukan:

  • Pengembangan strategi bagi fungsi MSDM,
  • Penilaian efektivitas fungsi MSDM yang berjalan, dan
  • Perancangan ulang, perencanaan ulang, atau penugasan outsource proses-proses MSDM guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

Sumber: Human Resource Management: Gaining a Competitive Advantage. Noe, Hollenbeck, Gerhart and Wright.

Tinggalkan Balasan