16 Juli 2012,
 0

Manajemen pengetahuan (knowledge management) merupakan  kumpulan perangkat, teknik, dan strategi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorganisasikan, meningkatkan, dan membagikan pengertian dan pengalaman. Pengertian dan pengalaman semacam itu terbangun atas pengetahuan, baik yang terwujudkan dalam seorang individu atau yang melekat di dalam proses dan aplikasi nyata suatu organisasi. Fokus dari manajemen pengetahuan adalah untuk menemukan cara-cara baru untuk menyalurkan data mentah ke bentuk informasi yang bermanfaat, hingga akhirnya menjadi pengetahuan.

Fokus utama dari manajemen pengetahuan adalah mengeksploitasi dan mengembangkan pengetahuan dari individu yang ada di organisasi dalam rangka meningkatkan kapabilitasnya.

Beberapa keuntungan penerapan manajemen pengetahuan di antaranya adalah:

  • Memungkinkan para karyawan membuat inovasi terkait pekerjaannya
  • Menambah pengetahuan tentang hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan sehari-hari
  • Memfasilitasi pembelajaran organisasi
  • Mengelola modal intelektual dan aset intelektual di tempat kerja

Perwujudan manajemen pengetahuan di kantor kita adalah DIS (daily iknow summary). DIS dirancang untuk menggali, mengumpulkan, membagikan, dan mengorganisasikan pengetahuan praktis yang dimiliki oleh karyawan menjadi sebuah tulisan terstruktur yang dapat dibagikan kepada publik. DIS dikemas dalam sebuah blog yang dapat dilihat oleh siapa pun. Penerapan DIS berguna untuk karyawan dalam peningkatan kapabilitas mereka membuat tulisan maupun mengumpulkan pengetahuan baru yang tidak hanya terkait dengan pekerjaannya saja.

Informasi lengkap mengenai manajemen pengetahuan dapat dilihat pada link berikut: http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pengetahuan

Tinggalkan Balasan