16 Oktober 2012,
 0

Sumber gambar: Behavior Advisor

Dalam kehidupan, setiap manusia tidak pernah lepas dari masalah. Demikian juga pada sistem komputer. Masalah bisa muncul setiap saat. Saya juga mendapatkan ide untuk menulis topik ini dari sebuah masalah. Saat menyelesaikan sebuah masalah, ada langkah-langkah yang perlu dilakukan agar penyelesaian dari masalah tersebut tepat sasaran dan juga terdokumentasi. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memecahkan masalah:

1. Mengumpulkan informasi. Cari informasi terkait masalah yang terjadi. Jika masalah yang terjadi berkaitan dengan aplikasi, kita perlu mencari informasi mengenai modul apa dan data apa yang bermasalah. Jangan lupa untuk mencatat masalah yang terjadi saat ini karena dapat berguna di kemudian hari.

2. Mencari letak masalah. Sumber penyebab masalah bisa dari mana saja: koneksi jaringan, aplikasi, atau hardware. Informasikan kepada klien hal-hal yang terkait mengenai sumber penyebab masalah.

3. Memberikan solusi. Setelah informasi dikumpulkan dan letak permasalahan ditemukan, kita dapat menyimpulkan solusi untuk masalah tersebut. Jangan lupa sertakan dampak dari solusi yang diberikan. Minta konfirmasi kepada klien sebelum mengeksekusi solusi.

Rujukan: Rolin Marquel

Tinggalkan Balasan