6 September 2012,
 0

Sumber gambar: Flickr

Komunikasi adalah proses sewaktu seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Komunikasi akan menjadi efektif jika mampu menghasilkan perubahan sikap pada orang lain yang dapat terlihat saat melakukan komunikasi.

Ada 10 cara berkomunikasi efektif, yaitu:

  1. Perbaiki diri sendiri. Saat berkomunikasi lisan, cobalah untuk memberi jeda pada kalimat yang akan diutarakan agar tidak terjadi kesalahan dalam berbicara. Lalu, dalam melakukan komunikasi tertulis, usahakan untuk membaca ulang hasil tulisan yang telah selesai dikerjakan sebanyak 2 hingga 3 kali, terutama untuk tulisan yang penting.
  2. Hindari ketidakjelasan. Usahakan untuk berbicara dan menulis secara jelas dan tepat. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi interpretasi berlebihan pada kawan bicara.
  3. Mengubah logat bicara. Usahakan untuk mengubah logat daerah asal menjadi logat yang dipakai secara universal. Seperti contoh, jika seseorang yang berasal dari kota Padang bekerja di Jakarta, ia harus berusaha untuk mengubah logat Padang-nya dengan logat Jakarta saat berbicara agar orang lain dapat menangkap jelas isi pembicaraannya.

Ingin tahu lebih jauh? Baca bagian ke-2 tulisan ini.

Tinggalkan Balasan