27 September 2012,
 0

Sumber gambar: Gudang Hikmat

Stres tidak selalu buruk, walaupun biasanya dibahas dalam konteks negatif. Stres memiliki nilai positif ketika menjadi peluang saat menawarkan potensi hasil, Banyak profesional memandang tekanan berupa beban kerja yang berat dan tenggat waktu yang mepet sebagai tantangan positif yang menaikkan mutu pekerjaan mereka dan kepuasan yang mereka dapatkan dari pekerjaan. Stres bisa positif dan negatif. Para peneliti beranggapan bahwa stres tantangan, atau stres yang menyertai tantangan di lingkungan kerja, bekerja sangat berbeda dari stres hambatan, atau stres yang menghalangi dalam mencapai suatu tujuan.

Stres merupakan keadaan perasaan yang tidak nyaman, terbebani, dan tidak karuan. Stres bisa dialami pada anak kecil maupun dewasa, hanya saja pada anak-anak berbeda dan tidak sesering orang dewasa yang biasanya sering mengalami stres karena terlalu banyak pekerjaan yang belum diselesaikan. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan stres di tempat kerja:

  • Kondisi kerja yang selalu berada di bawah tekanan
  • Ketidakjelasan tugas yang diberikan
  • Kurangnya perencanaan kerja
  • Adanya ancaman di kalangan karyawan dan makian dari klien.
  • Teman kerja yang mengganggu waktu kerja
  • Ketidaknyamanan fisik, seperti suara musik yang terlalu keras di ruangan kantor.

Berikut beberapa kiat untuk mengurangi stres di tempat kerja:

  1. Rencanakan dengan baik aktivitas Anda: apa, mengapa, bagaimana, kapan, dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Usahakan buat pekerjaan untuk jangka pendek dan jangka panjang (rencana bulanan & rencana harian).
  2. Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap tebuka dan berkomunikasi dengan rekan kerja.
  3. Pastikan mengerti tugas-tugas yang diberikan, serta jangan ragu untuk bertanya.
  4. Lakukan beberapa kali rehat (break) untuk menghilangkan ketegangan kerja, seperti mendengarkan musik untuk menyegarkan pikiran kembali.
  5. Toleranlah kepada sesama rekan kerja. Setiap orang pasti mempunyai kepribadian yang berbeda. Yang terpenting adalah bagaimana dapat beradaptasi dengan rekan lingkungan kerja agar kerja lebih terasa nyaman.
  6. Lakukan perayaan kecil seperti berolahraga atau berekreasi bersama untuk sedikit menghilangkan kepenatan kerja.
  7. Ciptakan lingkungan kerja yang baik, jauhkan gangguan dari hal-hal yang dapat berdampak negatif.
  8. Selalu berpikir positif.

Tinggalkan Balasan