10 September 2012,
 0

Sumber gambar: Original Buzz

Seberapa sering kita melihat meja kerja yang penuh dengan laporan, kertas kerja, surat, maupun memo dari rekan kerja ataupun dari catatan kita sendiri? Apakah hal tersebut membuat kita lelah dan merasa cemas untuk kita menemukan dokumen atau kertas kerja itu kembali? Berikut ini akan dibahas mengenai kebiasaan kerja yang akan membantu kita meleyapkan kelelahan dan kecemasan.

1) Singkirkan semua kertas kerja dari meja, kecuali kertas kerja yang sedang dikerjakan.

Teratur merupakan hukum pertama dalam bisnis. Namun, pada praktiknya, seringkali kita tidak konsisten dalam melakukannya. Mulailah kembali keteraturan untuk merapikan setiap kertas kerja yang sudah tidak terpakai yang ada di atas meja kerja. Dengan begitu, kita sudah memulai langkah pertama untuk melenyapkan kelelahan dan kecemasan.

2) Kerjakanlah hal-hal menurut urutan kepentingannya.

Menurut Henry L. Doherty, pendiri Cities Service Company, ada dua kemampuan yang sukar ditemukan, meski berapa pun biaya yang harus dibayar, yaitu kemampuan berpikir dan kemampuan untuk mengerjakan hal-hal menurut urutan kepentinganya. Bila kita sudah bisa melakukan pekerjaan berdasarkan urutan kepentingannya, kita sudah melakukan langkah kedua dalam proses ini.

3) Segera putuskan masalah berdasarkan fakta yang ada.

Tidak menunda memutuskan suatu masalah tentu akan membuat kita menjadi tidak cemas akan suatu hal.

4) Belajarlah untuk mengorganisasi, mewakilkan, dan menyelia.

Bila kita tidak belajar untuk mendelegasikan tanggung jawab kepada orang lain, menurut survei yang ada, itu bisa menyebabkan hal yang fatal, yaitu kematian. Memang sukar untuk melakukan hal tersebut, namun dengan melakukannya tentu kita akan terhindar dari rasa lelah dan cemas.

Tinggalkan Balasan