29 Agustus 2012,
 0

Sumber gambar: eHow

Pada setiap perencanaan sumber daya manusia, pembuatan kerangka kerja secara konseptual sangat dibutuhkan. Kerangka kerja ini dibutuhkan agar perencanaan sumber daya manusia dapat berjalan secara sistematis. Ada tiga tahapan dalam kerangka kerja perencanaan sumber daya manusia, yaitu :

1. Peramalan (forecasting)

Tahap ini merupakan tahap awal dari pembentukan kerangka perencanaan sumber daya manusia. Pada dasarnya tahap ini merupakan tahap estimasi akan kebutuhan sumber daya manusia di dalam dan luar organisasi.

2. Penyusunan program (programming)

Tahap kedua merupakan tahap penyusunan program, yang mencakup kegiatan perumusan tujuan, penetapan alternatif program, penyusunan strategi mendapatkan tenaga kerja, dan perencanaan tindakan yang akan diambil.

3. Evaluasi dan Pengendalian

Tahap ketiga berisi kegiatan untuk menilai apakah kedua tahap sebelumnya sudah dilaksanakan dengan baik atau belum. Tahapan ini akan berjalan efektif jika data kepegawaian sudah lengkap.

Daftar Pustaka: Sirait, J. T. 2006. Memahami Aspek-Aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Grasindo : Jakarta.

Tinggalkan Balasan