26 Juli 2012,
 0

Abfaftech Systemx

Sistem informasi adalah suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Beberapa jenis sistem informasi yang dikembangkan berdasarkan lini manajerial memiliki fungsi dan manfaat bagi tiap tingkatan manajerial. Tingkatan sistem informasi tersebut adalah:

  1. Sistem Pemrosesan Transaksi (Transaction Processing Sytems-TPS). TPS merupakan hasil perkembangan dari pembentukan kantor elektronik, sewaktu sebagian dari pekerjaan rutin diotomatisasi, termasuk untuk pemrosesan transaksi. Pada TPS, data yang dimasukkan merupakan data-data transaksi yang terjadi.
  2. Sistem Informasi Manajemen (SIM). SIM  adalah pengelolaan dari proses-proses yang menyediakan informasi untuk manajer guna mendukung operasi-operasi dan pembuatan keputusan dalam sebuah organisasi. Pada SIM, masukan yang diberikan berupa data transaksi. Kemudian data-data tersebut akan diproses. Proses yang terjadi berupa pembuatan laporan yang ringkas
  3. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan peningkatan dari SIM dengan penyediaan prosedur-prosedur khusus dan pemodelan yang unik yang akan membantu manajer dalam memperoleh alternatif keputusan.

Tinggalkan Balasan