17 Juli 2012,
 1

Inventaris adalah daftar yang memuat semua barang milik kantor yang dipakai untuk  melaksanakan tugas. Inventaris kantor sangatlah penting bagi kelangsungan sebuah perusahaan dan instansi. Gangguan pada salah satu atau beberapa perlengkapan pasti akan menghambat jalannya roda perekonomian perusahaan atau instansi tersebut. Hal ini biasanya disebabkan oleh tidak teraturnya pengorganisasian inventaris kantor atau kurangnya sebuah sistem dalam menginventaris perlengkapan kantor. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem untuk mengelola data inventaris kantor.

Barang yang dimaksud oleh penulis adalah barang yang digunakan para pegawai seperti komputer, meja, kursi, telepon, ATK, printer, dispenser, CPU, dan AC. Penulis hanya terbatas dalam bidang pengolahan data barang inventaris, yaitu mengolah data barang inventaris yang digunakan para pegawai untuk melakukan pekerjaan.

Orang yang mencatat inventaris barang kantor harus mempunyai backup data-data barang tersebut. Biasanya sebelum data-data tersebut dicatat ke dalam inventaris, barang terlebih dahulu dicek kondisinya, apakah masih layak untuk dipakai atau tidak. Setiap barang yang masuk dalam kategori inventaris kantor diberi nomor sesuai dengan pengarsipan barang tersebut agar lebih mudah mendeteksi barang apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.

One response on “Inventaris barang kantor

  1. isti mengatakan:

    assalamualaikum
    terima kasih atas artikel ini, sungguh sangat membantu saya,
    ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan pada anda diantaranya
    1. apakah inventaris kantor hanya berupa catatan buku?
    2. misal inventaris tsb berupa komputer, apakah komputer tsb tidak di catat dlm aktiva tetap?
    3. bagaimana cara membedakan antara inventaris dengan perlengkapan di sebuah kantor?

    terima kasih

Tinggalkan Balasan