19 Juli 2012,
 0

Ada 3 hal yang mendorong terjadinya sebuah upaya fraud (kecurangan), yaitu pressure (dorongan), opportunity (peluang), dan rationalization (rasionalisasi), sebagaimana tergambar berikut ini:

  1. Pressure: Pressure adalah dorongan yang menyebabkan seseorang melakukan fraud, contohnya utang atau tagihan yang menumpuk, gaya hidup mewah, ketergantungan narkoba, dll. Pada umumnya yang mendorong terjadinya fraud adalah kebutuhan atau masalah finansial. Namun, banyak juga yang hanya terdorong oleh keserakahan.
  2. Opportunity: Opportunity adalah peluang yang memungkinkan fraud terjadi. Hal ini biasanya disebabkan karena internal control suatu organisasi yang lemah, kurangnya pengawasan, dan/atau penyalahgunaan wewenang. Di antara 3 elemen fraud triangle, opportunity merupakan elemen yang paling memungkinkan untuk diminimalkan melalui penerapan proses, prosedur, control, dan upaya deteksi dini terhadap fraud.
  3. Rationalization: Rasionalisasi menjadi elemen penting dalam terjadinya fraud, yaitu saat pelaku mencari pembenaran atas tindakannya

Tinggalkan Balasan