25 September 2012,
 0

Sumber gambar: TATTOO Projects

Dalam dunia pekerjaan saat ini, seseorang dituntut untuk banyak berhubungan dengan rekan kerjanya, dan terkadang diminta untuk berkunjung ke kantor rekan bisnis kita. Tujuan dari kunjungan tersebut tentu beragam, misalnya untuk mengajukan penawaran suatu pekerjaan, rapat, sampai dengan pendekatan untuk melakukan kerjasama.

Karena itu, dalam bertamu ke rekan bisnis, kita perlu memperhatikan etiket bertamu. Berikut akan dibahas tiga langkah yang dapat disingkat 3P yang perlu menjadi perhatian ketika bertamu:

Persiapkan. Dalam tahap persiapan terdapat dua proses yang harus dilakukan, yaitu:

  • Waktu rapat. Pertama-tama tentukan ketersediaan waktu dari tim yang hadir. Setelah itu koordinasikan waktu tersebut dengan rekanan untuk mendapatkan persetujuan dari rekanan.
  • Agenda rapat. Setelah waktu rapat ditentukan, siapkan agenda rapat mengenai topik apa saja yang akan didiskusikan pada pertemuan.

Perhatikan. Dalam tahap perhatikan ini, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, yaitu:

  • Cara berpakaian. Sesuaikan pakaian yang digunakan dengan lokasi rapat dan dengan siapa kita akan rapat karena hal tersebut penting. Sebagai contoh, bila yang menghadiri rapat adalah top level, akan lebih baik jika kita menggunakan pakaian formal seperti setelan kemeja dan blazer (untuk wanita) dan jas/batik berlengan panjang (untuk pria).
  • Cara duduk. Pada saat berkunjung ke kantor klien, kita juga perlu memperhatikan letak tempat kita duduk. Bila kita diminta untuk menunggu di lobi, usahakan kita duduk menghadap ke tempat rekanan kita akan datang sehingga kita dapat menyambut kedatangan rekanan ataupun sebaliknya.

Pastikan. Sebelum menghadiri pertemuan dengan rekanan, pastikan satu hari sebelum pelaksanaan pertemuan, kita mengonfirmasikan kembali kepada rekanan untuk pertemuan esok hari. Pada saat hari pelaksanaan pun, kita juga perlu memastikan kembali ke rekanan untuk waktu yang telah disepakati bersama.

Usahakan tiba di tempat rekanan sebelum waktu yang disepakati. Namun, bila diperkirakan akan tiba lewat dari waktu yang disepakati, kita perlu menginformasikan kepada rekanan bahwa kita akan tiba lewat dari waktu awal. Perlu menjadi perhatian bersama, bila kita tiba di kantor rekanan pada waktu jam makan siang, konfirmasikan terlebih dahulu kepada rekanan apakah beliau bersedia ditemui.

Semoga langkah-langkah di atas dapat membantu kita dalam melaksanakan rapat dengan baik dan lancar.

Tinggalkan Balasan